Kepala Badan Koordinasi Penanganan Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia
Kabar Ibu Kota

Progres Proyek Kilang Balikpapan Mencapai 19 Persen

  • Progres Proyek Kilang Balikpapan Mencapai 19 Persen

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Perluasan kilang Pertamina Balikpapan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di Kalimantan Timur. Sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN), Proyek RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe bagian dari upaya besar yang dilakukan pemerintah dalam rangka mewujudkan kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan energi nasional.?
?
Hal tersebut dibahas dalam Kunjungan Kerja Kepala Badan Koordinasi Penanganan Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ke Proyek RDMP Balikpapan dan Lawe-Lawe, baru-baru ini. Bahlil menyampaikan apresiasi atas berjalannya proyek kilang minyak RDMP RU V Balikpapan dan Lawe-Lawe milik PT Pertamina (Persero) di tengah situasi pandemi saat ini.?
?
Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Muhammad Noor mewakili Wali Kota Balikpapan H. M. Rizal Effendi menyambut kedatangan Kepala BKPM di VIP Room Bandara SAMS Sepinggan.
?
Pembangunan proyek kilang ini sudah mencapai 19 persen dan ditargetkan selesai tahun 2023 mendatang. Bahlil mengungkapkan bahwa BKPM berkomitmen memfasilitasi dan mengawal proyek ini hingga tuntas.?
?
"Saya kira bangsa ini mampu dihargai oleh negara lain, jika kita semua mampu untuk berkolaborasi dan bekerja sama demi mewujudkan apa yang menjadi target" kata Bahlil. Beliau juga berharap Proyek RDMP tersebut dapat selesai tepat waktu.?
?
Direktur Utama PT Kilang Pertamina Balikpapan Narendra Widjajanto menjelaskan bahwa semua rencana Proyek tetap berjalan sesuai jadwal. Proyek RDMP yang berjalan di masa pandemi ini juga sekaligus mendorong Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyerap tenaga kerja.?
?
Saat ini tenaga kerja yang terserap adalah sekitar 4.500 orang. Dan tentunya di tahun mendatang akan menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja. Tenaga kerja yang diserap pun juga terdapat tenaga kerja lokal dari Balikpapan dan kabupaten/kota di sekitarnya.

Sebelumnya, Kemenko Polhukam RI juga berkunjung ke Balikpapan untuk mengawal PSN. Langkah tersebut dilakukan mengantisipasi apabila ada gangguan dalam pelaksanaan proyek. Hal tersebut menjadi tugas instansi tersebut. Mengingat PSN juga menggerakan ekonomi daerah dan nasional.