Promosikan Destinasi Wisata, BI dan Pemkot Balikpapan Kampanyekan Bangga Berwisata di Indonesia
UMKM

Promosikan Destinasi Wisata, BI dan Pemkot Balikpapan Kampanyekan Bangga Berwisata di Indonesia

  • IBUKOTAKINI.COM – Mendukung kampanye gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), Kantor Perw
UMKM
Redaksi

Redaksi

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Mendukung kampanye gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI), dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI), Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota serta stakeholders mempromosikan pariwisata Kota Balikpapan. 

Kolaborasi ini dirangkai dengan kegiatan Gerbang Pariwisata 126, baru-baru ini di Atrium E-Walk, Balikpapan. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian HUT Kota Balikpapan ke-126, sekaligus sebagai bagian dari mempersiapkan Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan, R. Bambang Setyo Pambudi menjelaskan bahwa tahun 2023 menjadi tahun yang krusial bagi perkembangan perekonomian Kota Balikpapan. 

“Hal ini seiring mulai melandainya pandemi covid-19, serta mulai meningkatnya aktivitas pembangunan IKN,” ungkapnya.

Menurutnya, ini menjadi momentum yang harus ditangkap oleh seluruh stakeholders di Kota Balikpapan, Kabupaten Paser dan Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melakukan berbagai inovasi, termasuk dalam hal pengembangan pariwisata.

“Kami memandang perlu adanya upaya-upaya strategis untuk mempersiapkan obyek-obyek pariwisata di kota pendukung IKN, untuk menyambut tamu-tamu yang akan datang ke IKN, baik di Balikpapan, Paser maupun Penajam Paser Utara,” ujar Bambang Pambudi. 

“Banyak yang bertanya, setelah dari “Titik Nol IKN”, aktivitas apa lagi yang bisa dilakukan?  Ini adalah peluang yang harus ditangkap oleh kita semua di Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara, sehingga tamu-tamu kita betah tinggal lebih lama lagi disini, yang pada akhirnya dapat menggerakan ekonomi masyarakat, termasuk UMKM kita.”  

Sementara itu, Pemerintah Kota Balikpapan menyambut baik kegiatan Gerbang Pariwisata 126. 

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Ratih Kusuma mengapresiasi upaya kolaboratif dari seluruh pihak dalam mendukung pengembangan pariwisata di Kota Balikpapan. 

“Dengan berkolaborasi, maka destinasi wisata di Kota Balikpapan akan berkembang pesat dan jumlah kunjungan kian bertambah,” tandasnya dalam sambutan mewakili Wali Kota Balikpapan, H. Rahmad Mas’ud. 

Kegiatan utama Gerbang Pariwisata 126 adalah Talkshow “Strategi Pengembangan Pariwisata Kota Balikpapan Menyambut IKN” yang menghadirkan narasumber Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Rizki Handayani Mustafa, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita Ibu Kota Nusantara Thomas Umbu Pati, serta Kepala Dinas POP Balikpapan Ratih Kusuma W. 

Dan sebagai rangkaian kegiatan Gerbang Pariwisata 126, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan juga menyelenggarakan kompetisi produk olahan kepiting sebagai oleh-oleh. Kompetisi ini diikuti oleh lebih dari 90 UMKM dari Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara. Diharapkan bahwa kompetisi tersebut bisa memunculkan inovasi produk oleh-oleh baru dari para UMKM, serta memperluas exposure produk UMKM. Masyarakat dapat mengakses informasi mengenai rangkaian kegiatan pengembangan UMKM dan pariwisata dengan mengunjungi website www.gerbangumkmborneo.com

Kegiatan Gerbang Pariwisata 126 diharapkan menjadi awal dari kolaborasi seluruh pihak untuk meningkatkan perekonomian Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara melalui pengembangan pariwisata, termasuk pengembangan aspek pendukungnya. ###