Promosikan Pariwisata, Disporapar Gelar Balikpapan Bahari Festival
Bisnis

Promosikan Pariwisata, Disporapar Gelar Balikpapan Bahari Festival

  • BALIKPAPAN - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan menggelar Balikpapan Bahari Festival serta Fun Race Jetski
Bisnis
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan menggelar Balikpapan Bahari Festival serta Fun Race Jetski dan Fotografi. Festival tersebut digelar dalam rangka mempromosikan wisata bahari di Kota Balikpapan. Di samping itu, untuk meningkatkan wisatawan di Kota Balikpapan dan mengembangkan ekonomi kreatif.

Festival berlangsung di Pantai Monumen, pada hari Sabtu (16/12/2023). Untuk festival memancing diikuti 22 peserta, di mana dalam satu tim kapal terdapat enam orang yang terdiri dari kapten kapal, anak buah kapal dan empat orang pemancing. 

Sedangkan, festival jetski dikuti 10 peserta yang terbagi dalam dua kategori yakni Enduren dan Fun Race. Lomba fotografi mengangkat tema pesisir Balikpapan, yang mana dalam satu foto menggambarkan wisata bahari.

Kepala Disporapar Kota Balikpapan, dr Ratih Kusuma mengatakan kegiatan ini memberikan peluang kepada seluruh nelayan dengan menggunakan perahu nelayan, untuk meningkatkan perekonomian khususnya masyarakat pesisir.

Dalam kejuaraan memancing, terdapat kejuaraan jackpot yang mendapatkan ikan kakap rumpon terbesar. Termasuk, kejuaraan 1, 2 dan 3 ikan terbesar dan terberat. Dengan syarat ikan panjangnya 15 sentimeter," ucapnya.

BACA JUGA:

Adapun pemenang lomba mancing kakap dalam kategori Jackpot dimenangkan tim fishing for fredom dengan jenis ikan kakap Bambangan dengan berat 3,700 kilogram. 

Untuk pemenang kategori ikan terberat diraih DPOP FC meraih juara 1 dengan jenis ikan kakap Bintana seberat 3.015 kilogram. Juara kedua fishing for fredom dengan berat 2.620 kilogram jenis ikan kakap Bambangan dan juara ketiga diraih fishing for fredom dengan berat 2.390 jenis ikan kakap Bambangan.

Sedangkan, pemenang mancing dengan total terbanyak dimenangkan Den Mangun FC dengan berat 13.94 kilogram dalam jumlah 13 ekor. Kedua, fishing for freedom dengan total berat 9.575 kilogram dalam jumlah delapan ekor. Ketiga, tempakul terbang dengan total berat 7,806 kilogram dalam jumlah 11 ekor. Kapten terbaik diraih De Mangun dengan kapten Safarudin.

Sementara itu, pemenang jetski kategori fun race diraih Angel dan juara kedua Andi dan juara ketiga Rifki. Untuk kategori Endurance juara satu dauraih Madan, kemudian Nicho dan juara ketiga adalah Yahya. Sedangkan, lomba fotografi diraih Nugroho Pandu Cahyo sebagai juara 1 dan Alwi Febri Hanra sebagai juara kedua dan Rey Firman juara ketiga. (***)