Peresmian Tempat Uji Kompetensi di SMK Negeri 6 Balikpapan bantuan Astra Honda Motor dan Astra Motor Kaltim 1.
Kabar Ibu Kota

PT Astra Honda Motor (AHM) bersama Astra Motor Kaltim 1 Resmikan Tempat Uji Kompetensi di SMK Negeri 6 Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui program SHEP (Satu HATI Education Program) bersama Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 meresmikan Tempat
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - PT Astra Honda Motor (AHM) melalui program SHEP (Satu HATI Education Program) bersama Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 meresmikan Tempat Uji Kompetensi (TUK) Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) di SMK Negeri 6 Balikpapan, Rabu (12/10/2022).

Peresmian yang dilakukan ini menjadikan SMK Negeri 6 Balikpapan sebagai sekolah pertama di Balikpapan yang memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Kehadiran Tempat Uji Kopetensi ini menjadi komitmen PT AHM guna meningkatkan mutu pembelajaran kejuruan serta turut  berkontribusi aktif dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dicky Maulana Akbar selaku Manager Technical Service Department menuturkan, peresmian TUK yang dilakukan ini sebagai wujud menyelaraskan sistem pendidikan nasional dan menyesuaikan sistem program dari pemerintah tentang sekolah kejuruan untuk menciptakan link atau jejaring kepada para pelajar agar sesuai dengan apa yang dibutuhkan industri dan dunia kerja.

“Realisasi ini kami wujudkan dalam pengembangan kurikulum untuk SMK Negeri 6 Balikpapan dalam upaya meningkatkan SMK binaan yang memiliki Tempat Uji Kompetensi yang sudah memenuhi standar kriteria,” ungkap Dicky, Rabu (12/10/2022). 

Dicky mengatakan, PT AHM saat ini telah melakukan pembinaan sekolah kejuruan sebanyak 715 SMK yang tersebar di 36 provinsi di  seluruh tanah air.

“Selamat kepada SMK Negeri 6 Balikpapan yang memiliki inisiatif dan kontribusi dalam mendukung pembelajaran teknik sepeda motor berbasis komputer dan hari ini untuk TUK ini menjadi satu-satunya di Balikpapan. Semoga kedepan untuk SMK lainnya juga bisa terwujud,” ujarnya. Dicky berharap, dengan adanya Tempat Uji Kompetensi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan peluang bekerja bagi para pelajar. 

“Pembinaan ini secara berkelanjutan yang terus kita perhatikan dan kita juga bekerja sama mendukung siswa, baik yang ingin  bekerja, belajar dan melanjutkan wirausaha,” tuturnya.

Region Head Main Dealer Astra Motor Kaltim 1 Suryanto Wirawan mengatakan, SMK Negeri 6 balikpapan menjadi sekolah pelopor yang bekerja sama dengan Astra Motor Kaltim 1. Suryanto menuturkan, kerja sama yang dijalin serta adanya Tempat Uji Kompetensi menjadi kerja sama dan tangung jawab kepada masyarakat dalam bidang pendidikan.

Menyerap Tenaga Kerja

Kepala SMK Negeri 6 Balikpapan Bapak Agus Prihanto, S.Pd, M.Pd mengucapkan rasa syukur atas dukungan dari PT AHM dan Main Dealer  Astra Motor Kaltim 1 yang telah merealisasikan Tempat Uji Kompetensi ini. Ia berharap, program TUK ini bisa menyediakan sertifikasi untuk lulusan sepeda motor dapat terwujud. Selain itu, lulusan SMK selaras dengan tuntutan kompetensi dunia kerja dapat terlaksana dengan baik. 

“Terima kasih kepada PT AHM dan Astra Motor Kaltim 1 yang telah merealisasikan program di sekolah sehingga tujuan SMK TUK dapat diwujudkan dan semoga melalui kerja sama ini dapat meningkatkan serapan tenaga kerja di bidang otomotif. Ungkap Agus kepala sekolah. ###