PTMB Paparkan Perencanaan Kebutuhan Air Bersih Balikpapan
Balikpapan

PTMB Paparkan Perencanaan Kebutuhan Air Bersih Balikpapan

  • Tujuan dari audiensi ini untuk mengetahui lebih jauh kendala yang dihadapi PTMB dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Balikpapan, Akhmad Muzakkir ST, M.Si menerima audiensi Perusahaan Daerah (Perumda) Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB) di Ruang Rapat 1 Balai Kota Balikpapan pada Senin, 30 September 2024. 

Tujuan dari audiensi ini untuk mengetahui lebih jauh kendala yang dihadapi PTMB dalam memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Balikpapan. 

Pjs. Wali Kota Balikpapan, Akhmad Muzakkir, mengungkapkan perbincangan hari ini adalah berkaitan dengan pelayanan air bersih untuk Masyarakat Kota Balikpapan. 

“Dan upaya dari PTMB untuk peningkatan layanan air bersih dari perencanaan hingga implementasi,” tuturnya. 

Menurutnya, persoalan infrastruktur seperti pipa pendistribusian berusia lebih dari usia perencanaan, dan program lainnya yang masih menjadi perhatian. 

“Memang diperlukan rencana jangka pendek dan jangka panjangnya. Kemudian apa saja yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih itu,” tandasnya. 

BACA JUGA:

Dalam audiensi, Direktur Utama PTMB, Yudi Saharuddin, memaparkan berbagai perencanaan dan kendala yang dihadapi Kota Balikpapan dalam memenuhi kebutuhan air bersih. 

“Perencanaan paling dekat ini adalah penambahan satu IPA untuk bantu IPA Damai. Mudah-mudahan kalau dalam kajian pendahuluan bisa berarti kita tambah satu IPA kecil kapasitas 30-40 liter per detik,” paparnya. 

Selanjutnya, pihaknya juga menunggu dari BWS belum lama untuk memenuhi kekurangan air. 

“Untuk Sepaku-Semoi juga telah dilaporkan ke pimpinan. Harapannya bisa menambah 1.000 liter perdetik. Dengan begitu berapa ratus ribu bisa memenuhi kebutuhan pelanggan,” tambahnya.  ***