Puluhan UMKM di Kecamatan Muara Jawa Ulu Dapat Bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung
Kutai Kartanegara

Puluhan UMKM di Kecamatan Muara Jawa Ulu Dapat Bantuan Sarana dan Prasarana Pendukung

  • antuan yang diberikan berupa berbagai macam sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, seperti chest freezer, kompor gas, panci, hand sealer, peniris minyak, timbangan, induk ikan, bibit ikan, pakan ikan, kolam terpal, dan bibit rumput laut.
Kutai Kartanegara
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kapasitas dan kesejahteraan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan berupa sarana dan prasarana kepada kelompok-kelompok UMKM.

Pada Selasa (25/6/2024), Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin, menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dan berdialog dengan masyarakat Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) dan Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) di Kecamatan Muara Jawa. Kegiatan ini dilakukan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Muara Jawa Ulu.

Dalam kesempatan tersebut, Rendi Solihin menyerahkan bantuan kepada puluhan Poklahsar dan Pokdakan di Kecamatan Muara Jawa. Bantuan yang diberikan berupa berbagai macam sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh para pelaku UMKM, seperti chest freezer, kompor gas, panci, hand sealer, peniris minyak, timbangan, induk ikan, bibit ikan, pakan ikan, kolam terpal, dan bibit rumput laut.

Rendi Solihin menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan bagian dari program Dedikasi Kukar Idaman yang dicanangkan oleh Pemkab Kukar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan produktivitas para pelaku UMKM di Kukar, khususnya di sektor perikanan.

BACA JUGA:

"Bantuan ini merupakan komitmen Pemkab Kukar dalam mendukung penyediaan sarana dan prasarana perikanan tangkap dan budidaya bagi kelompok perikanan, termasuk kelompok pengolah pemasar," ujar Rendi Solihin.

Rendi Solihin berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para pelaku UMKM di Kecamatan Muara Jawa. 

“Para pelaku UMKM dapat memelihara sarana dan prasarana yang diberikan dengan baik agar dapat digunakan untuk jangka waktu yang Panjang,” tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat (Sekcam) Muara Jawa, Eko Kasianto, mengungkapkan bahwa di Kecamatan Muara Jawa terdapat 87 Kelompok Usaha Bersama (KUB), 47 Pokdakan, dan 48 Poklahsar. Totalnya, terdapat 162 kelompok UMKM yang telah terdata di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar.

Eko Kasianto menambahkan bahwa masih ada sekitar 13 kelompok UMKM yang belum terdata di DKP Kukar. Namun, saat ini proses pendataan untuk kelompok-kelompok tersebut sedang berlangsung.

Pemberian bantuan sarana dan prasarana kepada kelompok-kelompok UMKM di Kukar merupakan salah satu langkah nyata dari Pemkab Kukar dalam mewujudkan visi dan misinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Diharapkan dengan bantuan ini, para pelaku UMKM di Kukar dapat semakin berkembang dan berkontribusi terhadap kemajuan ekonomi daerah,” imbuhnya. (ADV/DISKOMINFO KUKAR)