Rahmad-Bagus Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Jasmani di RSKD Balikpapan
Politik

Rahmad-Bagus Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Jasmani di RSKD Balikpapan

  • Pada hari ini Minggu, 1 September 2024 bersamaan pemeriksaan rohani pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024 Rendi Ismail dan Edi Sunardi.
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024-2029, Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo, melaksanakan rangkaian pemeriksaan kesehatan jasmani pada Minggu, 1 September 2024.

Rahmad mengatakan pemeriksaan kesehatan ini bukan hal yang pertama dilakukan, melainkan sudah ketiga kali diikuti yakni pertama pada saat melenggang menjadi wakil wali kota Balikpapan periode 2014-2019. Kemudian saat menjadi wali kota balikpapan periode 2019-2024 dan saat ini melabuhkan kembali menjadi wali kota balikpapan periode 2024-2029.

"Kita siap menjalani beberapa pemeriksaan kesehatan sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan kpu balikpapan," jelas Rahmad ketika konferensi pers di Ruang Anggrek Hitam Lantai 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Kanudjoso Djatiwibowo (RSKD) Balikpapan, pada Minggu, 1 September 2024.

Lanjut Rahmad mengakui bahwa untuk memimpin Kota Balikpapan memang diperlukan kesehatan yang baik, karena tidak mudah memimpin kota Balikpapan. 

Sebenarnya jadwal pemeriksaan dirinya bersama pasangan calon pada hari Jumat, 29 Agustus 2024, akan tetapi mundur dikarenakan ada kesibukan yang tidak bisa ditunda. 

“Bukan sengaja hari terakhir, kemarin ada halangan karena ada beberapa agenda, sehingga diundur hari ahad,” katanya.

BACA JUGA:

Saat ini dirinya menjabat sebagai Wali Kota Balikpapan dan mencalonkan kembali menjadi walikota, sehingga dirinya segera mengambil cuti untuk masa jabatan sebagai walikota. 

“Kita menunggu dari Kementerian Dalam Negeri siapa diusulkan nanti,” ungkapnya.

Sementara itu, Bagus Susetyo pun merasa pemeriksaan kesehatan ini sudah sering dilakukan sebelumnya, sehingga tidak ada hal yang perlu dipersiapkan. “Kita mengikuti sesuai dengan persyaratan,” ungkapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Prakoso Yudho Lelono mengatakan pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024 Rahmad Mas'ud dan Bagus Susetyo pada hari ini melaksanakan pemeriksaan jasmani. 

“Rencana besok akan mengikuti pemeriksaan rohani, psikologi dan sebagainya,” katanya.

Prakoso menyampaikan bahwa pada hari ini bersamaan pemeriksaan rohani pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2024 Rendi Ismail dan Edi Sunardi. 

“Kalau Sa’bani dan Sukri Wahid sudah selesai kemarin,” imbuhnya.

Hasil pemeriksaan diberikan secara bersamaan pada saat tanggal 3 September 2024. “Hasil kesehatan tidak diumumkan hanya diberikan rumah sakit kepada kpu sifatnya konfendensial, statusnya sehat atau tidak. Kalau sehat di lanjutkan, karena ini menjadi penilaian, indikator untuk penetapan pada 22 September 2024,” paparnya.

Apabila ada hal yang krusial yang terjadi dari pemeriksaan kesehatan pasangan calon wali kota balikpapan dan wakil wali kota balikpapan tahun 2024, maka nanti pihak rumah sakit akan merekomendasikan tidak sehat oleh rumah sakit. 

“Tim rumah sakit RSKD telah menyiapkan tim ahli kesehatan untuk melakukan pemeriksaan itu dan kami menyerahkan hal itu kepada RSKD,” pungkasnya. ***