Ratusan Warga Antusias Hadiri Reses Kamaruddin di Balikpapan Barat
Advertorial

Ratusan Warga Antusias Hadiri Reses Kamaruddin di Balikpapan Barat

  • IBUKOTAKINI.COM - Terhitung mencapai ratusan warga dari sejumlah wilayah menghadiri gelaran reses Kamaruddin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Terhitung mencapai ratusan warga dari sejumlah wilayah menghadiri gelaran reses Kamaruddin, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan dalam Masa Sidang II Tahun 2023 di Kantor Fortuna, Jalan Somber, Balikpapan Barat pada Selasa (6/7/2023) kemarin. 

Diketahui, warga-warga yang menghadiri kegiatan ini berasal dari Kelurahan Baru Ilir, Baru Ulu dan Baru Tengah. Berbagai keluhan dan aspirasi masyarakat sekitar disampaikan dalam kesempatan tersebut.

Adapun, permasalahan paling menonjol adalah persoalan pelayanan air bersih Perumda Tirta Manuntung Balikpapan (PTMB). Keluhan berkaitan dengan akses warga untuk mendapatkan fasilitas berupa air bersih.

Kamaruddin menghadirkan perwakilan PTMB dan juga perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Balikpapan dalam membahas permasalahan tersebut. Ia menjelaskan, persoalan terbesar PTMB hingga saat ini adalah sulitnya jangkauan aliran air bersih menuju rumah-rumah warga. 

Oleh karena itu, pihaknya akan melakukan pengawalan agar proyek pemasangan pipa dan pendistribusian air bersih dari Embung Aji Raden bisa segera direalisasi. Sebab, hal ini merupakan solusi paling masuk akal yang dapat dilaksanakan.

BACA JUGA:

"Karena, kalau mengandalkan air sumur dalam itu, kadang-kadang saat disurvei airnya ada, tapi ketika dikerjakan airnya tidak ada juga," ujarnya.

"Jadi, kami saat ini mengejar untuk pipanisasi dari Embung Aji Raden itu disegerakan," lanjutnya.

Supervisor Customer Sevice PTMB, Suryo yang juga hadir pada kesempatan yang sama menerangkan, sebenarnya ada dua solusi yang akan segera dilakukan oleh pihaknya. Untuk jangka pendek, PTMB akan melakukan buka-tutup katup atau valve secara bergiliran. Pihaknya juga berupaya untuk menambahkan jumlah sumur untuk dapat memasang instalasi dan menyediakan sumber air baku di Balikpapan Barat.

"Itu dilakukan setiap ada keluhan yang masuk, kemudian kami komunikasi ke ranah teknik untuk melaksanakan penggiliran jatah air," kata Suryo.

Sementara itu, untuk kebutuhan jangka panjang, Suryo mengamini harapan Kamaruddin untuk memasang pipa air baku dari Embung Aji Raden, sehingga dapat segera terlaksana. 

"Kalau itu terealisasi, harapannya pembagian zona ini bisa segera dilakukan oleh PTMB secara jangka panjang," ungkapnya.

Di sisi lain, Ketua LPM Baru Ulu, Baharuddin Daeng Lala mengapresiasi kinerja Kamaruddin yang dapat mewakili aspirasi rakyat, khususnya di wilayah Balikpapan Barat. "Ini yang harus kami akui, kalau beliau juga sering menggunakan anggaran pribadinya dalam perbaikan-perbaikan infrastruktur di wilayah kami," tutupnya. ###