Ratusan Warga Terdampak Pembangunan Bandara VVIP IKN di PPU Ikuti Diklat (Humas PPU)
Penajam

Ratusan Warga Terdampak Pembangunan Bandara VVIP IKN di PPU Ikuti Diklat

  • Masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan tentunya akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dari tenaga pengajar atau instruktur dari Politeknik Penerbangan Surabaya
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Ratusan warga terdampak pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk mempersiapkan diri menghadapi perpindahan ibu kota ke PPU.

Sebanyak 102 orang warga dari lima kelurahan di sekitar Bandara VVIP, yaitu Kelurahan Riko, Jenebora, Gersik, Maridan, dan Kelurahan Pantai Lango, mengikuti pelatihan yang diinisiasi oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan Politeknik Penerbangan Surabaya.

Pj Bupati PPU, Makmur Marbun, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan menjadikan mereka sebagai pelaku utama di Bandara VVIP IKN.

"Saya ingin masyarakat dari lima kelurahan ini menjadi pelaku utama di bandara tersebut," ungkapnya pada Selasa 25 Juni 2024.

Warga yang mengikuti pelatihan ini mendapatkan berbagai materi, seperti basic airline ground staff (penanganan penumpang dan barang), basic renewable energy solar cell (memperbarui energi solar), dan marshaller (memandu dan memarkirkan pesawat).

Pelatihan ini diberikan selama lima hari dan peserta tidak hanya mendapatkan teori, tetapi juga praktik langsung di Bandara Sultan Aji Muhammad Sepinggan Balikpapan.

BACA JUGA:

Pj Bupati Makmur Marbun menegaskan bahwa warga PPU yang terdampak pembangunan bandara tidak boleh hanya menjadi penonton.

Dia ingin mereka dapat terlibat saat bandara sudah beroperasi nantinya.

“Masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan tentunya akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dari tenaga pengajar atau instruktur dari Politeknik Penerbangan Surabaya,” sambungnya.

Melalui pelatihan ini, diharapkan warga PPU dapat mengambil manfaat dari pembangunan Bandara VVIP IKN dan berperan aktif dalam operasional bandara.

“Saya tidak mau masyarakat saya pasif, saya mau mereka semua aktif dan berpartisipasi,” pungkas Pj Bupati Makmur Marbun. (Adv/humas-Diskominfo PPU)