Penyaluran bantuan beras ke PKM
Kabar Ibu Kota

Realisasi Penyaluran Bantuan Beras Program PPKM Capai 37 Persen

  • IBUKOTAKINI.COM – Realisasi penyaluran bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kaltim baru mencapai 37,04 persen. Penyaluran bantuan beras per KPM
Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

IBUKOTAKINI.COM – Realisasi penyaluran bantuan beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kaltim baru mencapai 37,04 persen. Penyaluran bantuan beras per KPM tersebut sebanyak 10 Kilogram. 

Realisasi penyaluran bantuan beras tersebut berdasarkan data yang masuk dari Bulog. Hal itu terungkap dalam Rakor Monitoring Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Beras bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang berlangsung virtual pada Jumat (30/7/2021). 

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim Jauhar Efendi mengatakan pelaksanaan penyaluran di lapangan baru dimulai 18 Juli lalu. Pemenang tender penyaluran bantuan adalah PT Pos Indonesia.
Adapun penerima PKH di Kaltim sebanyak 60.454 KPM. Sedangkan penerima BST sebanyak 51.082 KPM. 

"Sehingga total penerima bantuan beras 10 kg selama PPKM sebanyak 111.536 KPM," kata Jauhar.

Data sudah tersedia di Dinsos, yaitu Data Kesejahteraan Sosial (DTKS). Berarti jumlah beras yang akan disalurkan sebanyak 1.115.360 kg, atau ekuivalen dengan 1.115,360 ton.

"Sesuai janji Kakanwil Bulog, pada 31Juli besok, realisasinya bisa meningkat menjadi 80 persen," ungkapnya.

Sisanya yang 20 persen, tambahnya, dipastikan molor. Kemungkinan tercepat sampai minggu pertama Agustus depan.

"Yang terlambat penyalurannya adalah Kabupaten Mahulu dan beberapa wilayah kecamatan yang ekstrim, serta sulit dijangkau moda transportasi," pungkas Jauhar.