Terkait Renovasi Pasar Klandasan, Komisi II DPRD Balikpapan Sidak dan Pastikan Pembongkaran Dilakukan Sebelum Idul Fitri
Advertorial

Renovasi Pasar Klandasan, Komisi II DPRD Balikpapan Pastikan Pembongkaran Dilakukan Sebelum Idul Fitri

  • IBUKOTAKINI.COM - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Klandasan pada Se
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Klandasan pada Selasa (4/4/2023) siang.

Sidak ini dilakukan untuk memastikan rencana pembongkaran terkait renovasi Pasar Klandasan akan segera dilaksanakan sebelum Idul Fitri tiba.

Sebelumnya, rencana pembongkaran ini akan dilakukan oleh BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) sekaligus melakukan penghapusan aset.

"BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah) sudah menyampaikan, bahwasanya dialihkan ke Dinas PU (Pekerjaan Umum) untuk pembongkaran," ucap Suwanto, Ketua Komisi II DPRD Balikpapan disela-sela sidak.

Pengalihan pelaksanaan pembongkaran ini juga masih akan didiskusikan kembali oleh pihak yang bersangkutan, yakni BPKAD dan DPU dalam waktu dekat.

BACA JUGA:

Setelah hasil diskusi didapatkan, Komisi II akan melanjutkannya dengan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

"Kami akan melakukan RDP di hari Senin (mendatang) bersama Dinas Perdagangan, DPU dan BPKAD terkait bagaimana penyelesaian yang sudah berlarut-larut masalah Pasar Klandasan," tuturnya.

"Kami harapkan sebelum hari raya (Idul Fitri) sudah ada actionnya," tambahnya.

Ia memaparkan, permasalahan pembongkaran Pasar Klandasan ini memang terjadi akibat pemenang lelang tidak melaksanakan pekerjaan dan akhirnya mundur. 

"Akhirnya diambil alih oleh PU," sebutnya.

Berkaitan dengan batas waktu, pihaknya akan membicarakan kembali hal tersebut dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, yakni DPU. 

Suwanto bersama dengan anggota Komisi II DPRD Balikpapan menekankan kepada pemerintah agar dapat merealisasikan janjinya kepada masyarakat yang juga merupakan pedagang di Pasar Klandasan.

"Kalau harapan saya ya besok (secepatnya) bisa dilakukan (pembongkaran). Yang kita tekankan pada sidak ini, terkait pembongkaran yang dijanjikan oleh pemerintah. Kita minta janjinya tetap direalisasikan," pungkasnya. ###