Renungan Suci di TMP Dharma Agung: Kenang Jasa Para Pahlawan
Balikpapan

Renungan Suci di TMP Dharma Agung: Kenang Jasa Para Pahlawan

  • Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 16 Agustus 2024, sekitar pukul 23.00 WITA ini, dipimpin oleh Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Kav Muhammad Darwis, dan dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Taman Makam Pahlawan Dharma Agung di Balikpapan menjadi saksi pelaksanaan Apel Kehormatan dan Renungan Suci. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat, 16 Agustus 2024, sekitar pukul 23.00 WITA ini, dipimpin oleh Dandim 0905 Balikpapan, Kolonel Kav Muhammad Darwis, dan dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. 

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan menghargai perbedaan di kalangan masyarakat.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud, yang turut hadir, menegaskan pentingnya momen ini sebagai pengingat bagi generasi muda. 

BACA JUGA:

"Renungan suci ini dilakukan sebagai bangsa yang besar bagaimana menghargai jasa para Pahlawan. Momen 17 Agustus ini jadi pengingat bagi generasi anak muda yang sampai hari ini menikmati kemerdekaan, hargailah jasa para pahlawan kita," tandasnya.

Rahmad juga mengingatkan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan nilai kebersamaan dan kerukunan. Di mana semangat persatuan adalah fondasi yang harus terus dijaga, terlebih dalam menghadapi tantangan bangsa ke depan. 

"Termasuk mendukung adanya Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim. Dimana pemindahan ini menuju peradaban Indonesia yang baru," tambah Rahmad.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama, sebagai wujud rasa syukur atas perjuangan para pahlawan yang telah membawa Indonesia menuju kemerdekaan. ***