Haemusri
Balikpapan

Revitalisasi Pembangunan Pasar Klandasan Blok C Capai 50 Persen

  • Tahun 2025 para pedagang blok C pasar Klandasan ditargetkan sudah dapat menempati kios
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan tengah melakukan revitalisasi pasar Klandasan Blok C. Sebelumnya, telah dilakukan revitalisasi pasar klandasan blok A dan blok B.

Kepala Disdag Kota Balikpapan, Haemusri Umar mengatakan pengerjaan revitalisasi pasar klandasan blok c sudah mencapai 50 persen, sesuai dengan estimasi target progres pengerjaan.

"Ini tenggang waktunya hingga akhir Desember 2024. Kita harapkan mereka sampai dengan akhir bulan ini harus bisa menyelesaikan hingga 65 persen. Itu wajib, biar Desember bisa 100 persen sesuai dengan jadwal," jelasnya kepada awak media pada Jumat, 25 Oktober 2024, di Pasar Klandasan Balikpapan.

Haemusri menyampaikan tahun 2025 para pedagang blok C pasar Klandasan sudah dapat menempati kios. "Model kios sama seperti blok A dan blok B," ungkapnya.

Dari hasil pendataan data para pedagang yang telah disepakati para pedagang dan pemerintah. Hanya saja, penempatan dilakukan pengundian. 

BACA JUGA:

"Jadi tidak ada lagi siapa didepan. Saya minta diundi. Memang ada beberapa pedagang yang datang ke saya minta ke depan nggak usah diundi. Saya tidak mau, daripada saya diributi sama pedagang," katanya.

Haemusri menyebutkan anggaran yang dikeluarkan untuk revitalisasi blok C pasar klandasan sebesar Rp 6,6 Miliar dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan.

“Revitalisasi tujuannya memberikan kenyamanan saat berbelanja, baik para pedagang maupun pembeli,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa Pasar Klandasan juga telah ada Toko Penyeimbang sehingga melengkapi pasar tradisional ini. Dengan harapan pengunjung dapat menikmati pasar ini untuk berbelanja. 

“Baru aja ada Toko Penyeimbang jadi Pasar Klandasan menjadi tradisional yang lengkap,” tukasnya. 

Sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan telah melakukan revitalisasi pada blok A dan B atau pasar basah. Saat ini sudah ditempati para pedagang ikan dan daging serta sayuran. ***