Ilustrasi
Penajam

Ribuan Pemilih Pemula di Kabupaten PPU Belum Lakukan Perekaman E-KTP

  • Disdukcapil PPU secara rutin mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman E-KTP. Mereka tersebar di empat kecamatan, yaitu Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku, dengan mayoritas pemilih pemula berada di SMA/SMK sederajat.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Sebanyak 1.700 pemilih pemula di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum melakukan perekaman E-KTP. Pemilih pemula ini sebagian besar berasal dari kalangan pelajar yang berumur 17 tahun saat hari Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Dari total 4.000 pemilih pemula di PPU, banyak yang belum memenuhi persyaratan administrasi penting ini.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) PPU, Mawar, menyatakan bahwa pihaknya terus berupaya agar semua pemilih pemula memiliki E-KTP pada hari pencoblosan. "Pemilih pemula itu masih ada sekitar 1.700 orang belum direkam," ungkap Mawar, pada Jumat 2 Agustus 2024.

Mawar menjelaskan bahwa Disdukcapil PPU secara rutin mendatangi sekolah-sekolah untuk melakukan perekaman E-KTP. Mereka tersebar di empat kecamatan, yaitu Penajam, Waru, Babulu, dan Sepaku, dengan mayoritas pemilih pemula berada di SMA/SMK sederajat di wilayah tersebut. 

"Kalau kita setiap hari turun ke sekolah, itu semua bisa terekam," sambungnya.

Namun, upaya Disdukcapil tidak selalu berjalan mulus. Banyak siswa enggan direkam saat berpakaian sekolah, dan mereka juga jarang datang ke kantor Disdukcapil untuk mengurus perekaman. 

BACA JUGA:

"Mereka tidak mau kalau pakaian sekolah, mau dandan dulu, itu kendala kita," pungkas Mawar. Dalam satu sekolah, biasanya hanya sekitar 10 siswa yang bersedia melakukan perekaman E-KTP, sementara ratusan siswa lainnya yang sudah berusia 17 tahun belum melakukannya.

Meski demikian, Disdukcapil tetap berkomitmen melakukan perekaman jemput bola, tidak hanya di sekolah, tetapi juga ke desa-desa. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024 dan memastikan hak pilih mereka terlindungi.

Perekaman E-KTP bagi pemilih pemula ini sangat penting untuk memastikan mereka bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2024. Diharapkan, dengan langkah-langkah proaktif yang dilakukan oleh Disdukcapil PPU, semua pemilih pemula di Kabupaten Penajam Paser Utara dapat memiliki E-KTP tepat waktu. ***