Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud didampingi Sekda Kota Balikpapan, H. Muhaimin, S.T.,M.T., para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan, di Lobby Balai Kota Balikpapan, pada hari Selasa, 28 Mei 2024.
Kabar Ibu Kota

Ribuan Peserta Bakal Ikuti Rakernas APEKSI XVII Tahun 2024 di Balikpapan

  • Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 berlangsung pada tanggal 01-06 Juni 2024 di Kota Balikpapan, Wali Kota mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan, untuk tetap menjaga kondusifitas Kota.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pelaksanaan Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Rakernas APEKSI) ke XVII Tahun 2024 di Kota Balikpapan akan segera berlangsung.

Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 akan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), pada hari Selasa, 4 Juni 2024.

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud mengatakan persiapan pelaksanaan Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 sudah mencapai 99,9 persen.

Sebanyak 79 dari 98 Wali Kota di seluruh Indonesia akan hadir. Begitu juga, peserta APEKSI yang akan ikut sekitar 5 ribu orang. 

"Alhamdulillah, masyarakat dan 98 kepala daerah dari seluruh Indonesia sangat antusias, mengikuti kegiatan ini," ujarnya saat Konferensi Pers di Lobby Balai Kota Balikpapan, pada Selasa, 28 Mei 2024.

Rangkaian APEKSI terdapat beberapa kegiatan, salah satunya karnaval budaya dari daerah masing-masing. Yang menjadi salah satu agenda dalam kegiatan tersebut adalah pemilihan Ketua APEKSI periode 2024-2029. Disamping itu, kegiatan ini membahas yang menjadi isu nasional. 

"Saya akan menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Saya akan menjelaskan letak Kota Balikpapan, sebagai teras Ibu Kota yang memiliki peranan yang sangat strategis. Dampak dan pengaruh dari Kota Balikpapan akan kita angkat," terang Wali Kota didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Balikpapan, H. Muhaimin, para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

BACA JUGA:

Dalam pertemuan tersebut, Rahmad akan membahas sarana, fasilitas termasuk air bersih. "Tema ini akan menjadi poin utama yang akan kita sampaikan nanti. Jangan sampai Kota Balikpapan menjadi penonton yang hanya dilewati saja," ucapnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan akan menggandeng pelaku UMKM Kota Balikpapan dalam kegiatan ini. Para pelaku UMKM harus menjaga kualitas makanan. 

"Kuliner kita akan menjadi catatan yang baik bagi tamu yang hadir dari seluruh daerah di Indonesia, sehingga mereka akan selalu berkunjung di Kota Balikpapan," jelas Rahmad.

Anggaran kegiatan ini dikeluarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan sebesar Rp 16 miliar, akan tetapi dampak yang di peroleh dari kegiatan ini sebesar Rp 47 miliar. 

"Perputaran uang akan sangat baik di Kota Balikpapan," terangnya.

Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024 berlangsung pada tanggal 01-06 Juni 2024 di Kota Balikpapan, Wali Kota mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Balikpapan, untuk tetap menjaga kondusifitas Kota. 

Di tengah pemindahan Ibu kota Nusantara (IKN), Kota Balikpapan menjadi barometer, tolak ukur sebagai teras IKN yang mempunyai peranan sangat strategis. Oleh karenanya, Kota Balikpapan menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakernas APEKSI ke XVII Tahun 2024.

Tak hanya itu, Rahmad juga berpesan untuk menjaga kebersihan Kota Balikpapan. Terlepas masih banyak kekurangan. Akan tetapi dari hasil penilaian pemerintah pusat, Balikpapan terbersih Se Indonesia. 

"Kita memberikan apresiasi kepada masyarakat. Ini bukan kerja dari perangkat di lingkungan pemerintah kota, tetapi ini kolaborasi, sinergi kita dengan masyarakat dan seluruh stakeholder di Kota Balikpapan," pungkasnya. ***