Salat Idulfitri 1444 Hijriah di halaman Bukopin Balikpapan, Jumat, 21 April 2023.
Kabar Ibu Kota

Ribuan Umat Muslim Balikpapan Gelar Salat Idulfitri 1444 Hijriah di Halaman Bukopin

  • IBUKOTAKINI.COM – Bertindak sebagai imam sekaligus khatib salat Idulfitri 1444 Hijriah, adalah Wakil Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Pusat, H Anwar Abbas.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Ribuan umat Islam di Balikpapan memenuhi halaman parkir Bank Bukopin, Jalan Jenderal Sudirman, untuk mengikuti salat Idulfitri 1444 Hijriah, Jumat 21 April 2023. 

Salat Idulfitri dilaksanakan oleh Pengurus Daerah Muhammadiyah Balikpapan, berdasarkan keputusan Pengurus Pusat Muhammadiyah. Bertindak sebagai imam sekaligus khatib salat Idulfitri 1444 Hijriah, adalah Wakil Ketua Umum Majelis Ulama (MUI) Pusat, H Anwar Abbas. 

Pelaksanaan salat Idulfitri warga Muhammadiyah di Balikpapan dimulai skeitar pukul 07.00 Wita. 

Dalam khutbah Idulfitri, Pengurus PP Muhammadiyah itu menerangkan pendidikan keluarga melalui komunikasi yang baik. Menurut Buya Anwar Abbas, para orang tua harus selektif  dalam memperdengarkan bunyi-bunyian pada anak anaknya.

“Apalabila seorang ayah berbicara lembar lembut, sopan dan santun, maka anak akan berlaku lemah lembut dan sopan santun. Begitupula sebaliknya, orang tua yang suka berbicara jorok dan kasar, anak-anak akan mengikutinya,” ungkap Anwar Abbas. 

BACA JUGA:

Ia menyontohkan sebuah penelitian di Jepang terkait tumbuhan. “Hasilnya, tumbuhan yang diperdengarkan bunyi-bunyian musikm akan tumbuh bengkok, ke arah sumber suara. Sedangkan tumbuhan yang ditempatkan di lokasi yang hening, akan tumbuh lurus,” ujarnya. 

Sebagai umat Islam, bunyi atau suara yang perlu diperdengarkan kepada anak-anak setiap keluarga adalah lantunan ayat suci Alquran. 

“Rumah tanpa Alquran, akan terasa sempit, malaikat tidak akan masuk, sehingga tidak bisa menunjukkan yang baik dan salah. Rumah yang tidak pernah diperdengarkan lantunan Alquran hanya ada syaitan yang membisiki penghuninya,” imbuh Anwar.

Ia mengingatkan bahwa anak merupakan titipan Allah yang harus dijaga, dipelihara dan dididik. Karena itu, anak harus dibiasakan mendengarkan lantunan kitab suci Alquran dan mendengarkan hal-hal yang baik.  ###