Balikpapan Bersholawat, Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI pada Rabu malam 21 Agustus 2024 di Dome Balikpapan
Balikpapan

Ribuan Warga Ikuti Balikpapan Bersholawat, Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

  • Balikpapan Bersholawat merupakan bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia, yang kini telah memasuki usia ke-79 tahun.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Ribuan warga memadati halaman Balikpapan Sport Convention and Center (BSCC)/Dome pada Rabu malam untuk mengikuti acara "Balikpapan Bersholawat" yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh warga Balikpapan, tetapi juga menarik partisipasi dari warga yang datang dari daerah Ibu Kota Nusantara (IKN) dan kota-kota lain di sekitarnya.

Balikpapan Bersholawat menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin Assegaf bersama Majelis Ta’lim dan Sholawat Az Zahir dari Pekalongan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dan dihadiri oleh sejumlah pejabat serta anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Balikpapan.

Dalam sambutan pembukanya, Wali Kota Rahmad Mas’ud menyampaikan bahwa kegiatan Balikpapan Bersholawat merupakan bentuk rasa syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia, yang kini telah memasuki usia ke-79 tahun. Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan sebagai upaya untuk mewariskan negara ini secara utuh kepada generasi mendatang.

BACA JUGA:

"Hal ini perlu dimaknai dengan upaya sungguh-sungguh dari kita semua untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan, agar negara yang kita warisi dari para pendahulu ini bisa tetap diwariskan secara utuh kepada generasi penerus," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rahmad Mas’ud mengajak seluruh umat Islam di Balikpapan untuk menjadi pengayom dan pionir dalam menjaga kerukunan antar umat beragama di kota tersebut. Menurutnya, kerukunan adalah modal penting untuk membangun Balikpapan sebagai penyangga utama Ibu Kota Negara (IKN) yang baru.

Ribuan Warga Ikuti Balikpapan Bersholawat, Meriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

"Karena kerukunan inilah yang akan menjadi modal penting untuk membangun kota yang kita cintai ini menjadi penyangga Ibu Kota Negara," ucapnya dengan penuh semangat di hadapan ribuan warga yang hadir.

Selain itu, Wali Kota juga mengajak seluruh warga untuk mendoakan Balikpapan dan bangsa Indonesia agar senantiasa diberikan keselamatan dan dijauhkan dari segala marabahaya atau bencana, sehingga pembangunan dapat terus berjalan demi kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan yang sama, Habib Ali Zainal Abidin Assegaf juga menyampaikan ajakan kepada seluruh warga untuk bersholawat dengan penuh khidmat. Ia berharap, doa-doa yang dipanjatkan malam itu menjadi harapan baik untuk masa depan Kota Balikpapan. ***