Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi pantau pelaksanaan rapid antigen di RT 65 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan pada Minggu (28/2/2021)
Kabar Ibu Kota

RT 65 Kelurahan Batu Ampar Swadaya Pengadaan Rapid Antigen

  • RT 65 Kelurahan Batu Ampar Swadaya Pengadaan Rapid Antigen

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Pemerintah Kota Balikpapan meninjau pelaksanaan rapid antigen di Perum Pesona Alam Permai RT 65 Kelurahan Batu Ampar, Balikpapan Utara. Pengadaan rapid antigen adalah hasil dari swadaya warga. Tujuannya untuk memutus rantai penularan covid-19 di lingkungan tersebut.

Menurut Ketua RT.65 Asgar, pelaksanaan Rapid Antigen ini merupakan hasil dari swadaya warga untuk memutus rantai penularan Covid-19 di lingkungan RT.65 mengingat sudah banyak warga yang terpapar Covid-19, yakni sebanyak 20 orang.

“Untuk kegiatan ini, jika ada hasil yang positif maka orang tersebut diharuskan isolasi mandiri. Dan jika yang bersangkutan positif membutuhkan pelayanan medis yang sangat signifikan bisa langsung berkoordinasi dengan puskesmas terdekat, serta melapor kepada perusahaan dimana tempat dia bekerja,” jelas Asgar pada Minggu (28/2/2021).

Selain pelaksanaan rapid antigen, untuk mencegah penularan Covid-19, RT.65 Batu Ampar juga memberlakukan jam malam bagi tamu yang berkunjung di atas pukul 8 malam.

Wali Kota Rizal Effendi mengapresiasi swadaya dan partisipasi warga RT.65 Batu Ampar dalam upaya mencegah dan memutus penularan Covid-19 dengan mengadakan Rapid Antigen mandiri.

Menurutnya, di masa sekarang yang mana penularan Covid-19 semakin masif dan berkembang menjadi berbagai varian, rapid antigen bisa membantu mendeteksi warga yang terpapar Covid-19 karena efektifitasnya hampir sama dengan swab test atau Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Jika hasil antigen reaktif atau positif hampir pasti positif juga covidnya dan akan ditindaklanjuti dengan pelaksanaan PCR. Akan tetapi mulai minggu ini berdasarkan surat dari Kementerian Kesehatan, Rapid Antigen yang positif akan masuk dalam kategori pasien positif,” ujar Wali Kota.