Safari Ramadan di BIC pada Senin 18 April 2022
Kabar Ibu Kota

Safari Ramadan, Pemkot Balikpapan Peringati Malam Nuzulul Qur’an

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali menggelar safari ramadhan sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur'an 1443 Hijiriah di Masjid Madi
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan kembali menggelar safari ramadhan sekaligus memperingati malam Nuzulul Qur'an 1443 Hijiriah di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Center, Senin (18/4/2022).

Pelaksanaan safari ramadhan diikuti Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) beserta pejabat lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan.

Saat membacakan sambutan, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Balikpapan Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud, SE, ME mengatakan, bahwa melalui momentum Nuzulul Quran ini diingatkan, untuk semakin bersemangat dalam bertadarus, semakin khusyuk bershalat tahajud dan berupaya mempertebal kesalehan sosial. 

"Sebab Al Quran diturunkan kepada umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW, agar menjadi rahmat bagi semua umat manusia dan menjadi sumber segala ilmu pengetahuan, dan membimbing kita menjadi lebih baik," jelasnya didepan para jamaah.

Sejak awal bulan ramadhan hingga menuju malam ke 17 ini Kota Balikpapan dalam situasi yang secara umum aman dan kondusif. Tentunya, dengan kondisi ini semua masyarakat Balikpapan bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan menyemarakkan bulan ramadhan dengan kegiatan ibadah baik di rumah-rumah, masjid maupun mushalla.

Apalagi situasi pandemi COVID 19 di Kota Balikpapan semakin membaik, dengan penetapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Balikpapan pada level 1, yang disertai dengan angka penularan dan jumlah kasus aktif yang terus berangsur-angsur menurun.

"Kita mensyukuri dengan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan, agar terus melindungi sesama," ujarnya.

Wali kota menghimbau, bulan ramadan sebagai bulan kasih sayang, sehingga harus diisi dengan banyak berbagi kepada sesama, khususnya kepada saudara-saudara yang kurang mampu, termasuk dengan kewajiban membayar zakat fitrah. "Agar saudara-saudara kita bisa ikut merasakan sukacita di Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," ungkapnya.

Ia pun mengingatkan untuk terus bersandar dan berpedoman teguh kepada Al-Qur'an dalam membangun kehidupan bermasyarakat yang lebih baik, rukun serta memperkuat sinergi.

Hal tersebut bertujuan, untuk menjadikan Kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara yang nyaman dihuni, serta beriman dalam dimensi pembangunan fisik dan spiritualitas, seperti yang dicita-citakan bersama. 

Usai melaksanakan sholat tarawih bersama yang diimami oleh KH Jailani Mawardi dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah dari H Agus Khoirul Huda, LC dan ditutup dengan doa bersama.