Salehuddin
Advertorial

Salehuddin Sebut Sekolah Swasta Jadi Alternatif Penuhi Daya Tampung Peserta Didik

  • IBUKOTAKINI.COM - Keterbatasan daya tampung sekolah negeri menjadi permasalahan yang terjadi tiap tahunnya. Permasalahan ini terus mencuat ketika menjelang pendaftaran siswa baru.
Advertorial
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Keterbatasan daya tampung sekolah negeri menjadi permasalahan yang terjadi tiap tahunnya. Permasalahan ini terus mencuat ketika menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran baru.

Menanggapi hal tersebut, Salehuddin Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim menyampaikan, alternatif sementara yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan menggandeng sekolah swasta.

"Berkaitan dengan rendahnya daya tampung sekolah negeri, itu memang problem lama. Alternatifnya memang sekolah swasta," katanya ketika dihubungi ibukotakini.com, Kamis (22/6/2023).

Meski begitu, beberapa sekolah swasta pun harus berbenah agar dapat menampung serta memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan berkaitan dengan sekolahnya.

"Mereka (sekolah swasta) juga bisa berbenah diri dan bersaing secara kualitas, untuk membantu pemerintah juga menyediakan fasilitas pendidikan bagi masyarakat," sebutnya.

Permasalahan keterbatasan daya tampung sekolah ini dinilainya dapat diselesaikan secara bertahap dengan alternatif tersebut.

Proses penerimaan peserta didik juga dapat dilakukan melalui seleksi, sehingga siswa yang diterima pun bukan hanya bermodalkan kemampuan finansial saja.

"Sama saja dengan beasiswa itu kan juga segala sesuatunya bersaing melalui seleksi secara kualitas," pungkasnya. ***