Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Masyarakat Balikpapan Ikuti Pawai Obor
Kabar Ibu Kota

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Masyarakat Balikpapan Ikuti Pawai Obor

  • IBUKOTAKINI.COM – Sekitar 1500 masyarakat Balikpapan dari berbagai organisasi masyarakat Islam menyambut Tahun Baru Hijriah dengan Pawai Obor. Pawai obor
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sekitar 1500 masyarakat Balikpapan dari berbagai organisasi masyarakat Islam menyambut Tahun Baru Hijriah dengan Pawai Obor. Pawai obor dimulai dari depan Masjid At-Taqwa berjalan mengelilingi sampai Balikpapan Plaza dan finis kembali di halaman Masjid At-Taqwa pada malam tahun baru Islam, Selasa (18/7/2023).

Pawai obor dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Drs. Zulkipli M.Si didampingi Panitia Penyelenggara Pawai Obor, ditandai dengan menghidupkan obor dan bendera Start. 

Terlihat ribuan peserta antusias mengikuti pawai obor dengan berbagai busana yang menarik serta asesoris bernuasa islami. Bahkan peserta membawa sound dengan bersalawat. 

Ada sekitar 127 kelompok yang mengikuti di mana setiap kelompok terdapat 10-15 orang. Kawasan protokol pun dipadati para penonton yang ingin melihat pawai obor. 

Pj. Sekda Kota Balikpapan, Zulkipli mengungkapkan bahwa kegiatan pawai obor ini merupakan kedua kalinya. Dan antusias masyarakat untuk meramaikan pawai obor cukup tinggi terbukti dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan. 

BACA JUGA:

“Alhamdulillah pesertanya makin banyak sekitar 1500 orang. Teman-teman Anshor Balikpapan sebagai panitia melaporkan ini gabungan dari elemen masyarakat muslim, organisasi kemasyarakatan bahkan ada dari lintas agama ikut dalam pawai obor,” ucap Zulkipli yang juga antusias melepas peserta pawai obor.

Dengan antusiasnya masyarakat mengikuti pawai obor tersebut, menurutnya, ini menunjukkan bahwa masyarakat Balikpapan memiliki rasa toleransi tinggi dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

“Alhamdulillah. Ini menunjukkan pembauran warga kota yang semakin baik dan makin harmonis,” tandasnya yang hadir mewakili Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Ia menambahkan pemerintah kota menyambut baik dan terima kasih kepada masyarakat yang antusias dan bisa tertib selama pelaksanaan berlangsung. 

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Masyarakat Balikpapan Ikuti Pawai Obor

“Mudah-mudahan tahun baru ini 1445 H semakin baik, semakin kuat, makin maju kota kita. Itu harapan kita,” tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris GP Anshor Balikpapan, Andi Iriawan mengatakan pawai ibor ini mempererat tali persaudaraan dan persatuan. Jadi karena nanti memperingati 17 Agustus ini menjadi rangkaianya. 

“Peserta ada umum dan TPA,” sebutnya. 

Dalam kesempatan ini akan ada penilaian untuk busana, kekompakan dan yang menang mendapatkan piala Wali Kota Balikpapan dan Uang Pembinaan.   

Di akhir kegiatan, Pj Sekda Balikpapan menyerahkan piala dan uang pembinaan kepada pemenang yang disaksikan masyarakat yang menonton maupun peserta pawai obor. (*)