Kebutuhan pokok di Kaltim aman sampai akkhir tahun 2021
Kabar Ibu Kota

Sampai Akhir Tahun 2021, Kebutuhan Pokok di Kaltim Aman

  • IBUKOTAKINI.COM – Usai rapat koordinasi kabupaten dan kota terkait persediaan kebutuhan pokok. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan kebutuhan pokok s
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM – Usai rapat koordinasi kabupaten dan kota terkait persediaan kebutuhan pokok. Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyatakan kebutuhan pokok sampai akhir tahun 2021 aman. 

Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi Kaltim H Nazrin menjelaskan bahwa bahan pokok saat ini masih aman untuk ketersediaan maupun harga. Begitu juga arus distribusi tidak ada masalah. Hal itu berkat kerjasama lintas sektor kabupaten/kota, pelaku usaha, distributor dan BUMD.

"Berkat kerjasama ini, Kaltim tidak pernah kekosongan stok kebutuhan bahan pokok dan barang penting lainnya. Karena hasil pantauan setiap hari yang dilakukan pencacah harga sembako, melaporkan sembako cukup tersedia sampai enam bulan kedepan," kata Nazrin, Senin (4/10/2021).

Ditambahkannya, stok dan estimasi kebutuhan pokok cukup aman. Diimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan kebutuhan pokok. Diakuinya, tidak ada keluhan masyarakat mengenai harga maupun distribusi bahan sembako.

"Kalau kita pantau dari kabupaten dan kota, sembako cukup tersedia serta terjangkau. Walaupun sekarang mungkin ada penurunan harga untuk komoditi telur, tapi bahan lain masih terkendali serta tercukupi sampai enam bulan kedepan,” tandasnya.

Bahkan saat ini, lanjut Nazrin beberapa kabupaten dan kota telah panen padi, sehingga membantu ketersediaan untuk beras. sementara untuk daging baik daging sapi ataupun ayam masih cukup begitu juga harganya masih normal.

“Begitu juga untuk bumbu dapur, bawang merah, bawang putih, cabai maupun bahan lainya masih tersedia, termasuk harganya juga masih normal,” ujarnya.

Terkait masih amannya stok sembako di Kaltim, Nazrin berharap masyarakat tidak mudah terpancing dan terpengaruh terhadap informasi dari luar.

"Jadi jangan panik, dan tidak perlu menyetok. Karena ketersedian sembako masih aman dan tersedia sampai enam bulan kedepan," harap Nazrin.