Sarasehan KTNA di PPU untuk Wujudkan Kemandirian Pangan IKN
Kabar Ibu Kota

Sarasehan KTNA di PPU untuk Wujudkan Kemandirian Pangan IKN

  • Sarasehan KTNA ini tidak hanya menjadi ajang diskusi antara petani dan nelayan, tetapi juga dirangkai dengan gelaran pasar tani yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten PPU.
Kabar Ibu Kota
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Zainal Arifin, membuka mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten PPU pada Kamis 26 September 2024.

Acara yang berlangsung di Kantor Bupati PPU ini mengusung tema "Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju PPU Lumbung Pangan Ibu Kota Nusantara (IKN)."

Dalam sambutannya, Zainal mengungkapkan sektor pertanian dalam mendukung kesejahteraan masyarakat dan membangun ketahanan pangan di wilayah PPU, khususnya dalam konteks mendukung IKN. 

"Kami berharap sektor pertanian dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat, serta memperkuat posisi PPU sebagai lumbung pangan yang berkelanjutan," ujar Zainal.

BACA JUGA:

Sarasehan KTNA ini tidak hanya menjadi ajang diskusi antara petani dan nelayan, tetapi juga dirangkai dengan gelaran pasar tani yang diinisiasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten PPU. 

Pasar tani ini menjual berbagai hasil pertanian lokal, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga produk olahan UMKM. Produk-produk ini merupakan hasil bumi unggulan yang diharapkan dapat semakin memperkuat ekonomi lokal dan membuka peluang pasar yang lebih luas.

Melalui kegiatan ini, pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mendukung penguatan potensi komoditas lokal, terutama dalam menghadapi tantangan kemandirian pangan yang semakin kompleks di masa mendatang. 

Pj Bupati PPU juga menegaskan bahwa kolaborasi antara pemerintah, petani, dan nelayan sangat penting dalam mencapai tujuan tersebut. (Adv/Diskominfo PPU)