Sarawak Tourism Board Promosikan Pariwisata di Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Sarawak Tourism Board Promosikan Pariwisata di Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM – Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Sarawak Tourism Board (STB) datang ke Kota Balikpapan pada Rabu (23/11/2022). Kedata
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM – Untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, Sarawak Tourism Board (STB) datang ke Kota Balikpapan pada Rabu (23/11/2022). Kedatangan ini bertujuan mempromosikan pariwisata di Serawak kepada warga Balikpapan. 

Director of Marketing Sarawak Tourism Board (STB) Barbara Benjamin Atan mengatakan, bahwa Kota Balikpapan dan Kalimantan secara umum memiliki potensi wisata yang cukup menjanjikan.

"Kami melihat ada wisatawan Sarawak yang bepergian ke Kalimantan termasuk Balikpapan. Tentu ini jadi potensi bagi kami untuk menarik wisatawan asal Balikpapan dan kota lain di Kalimantan," jelas Barbara di sela promosi wisata STB di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Rabu (23/11/2022).

Dalam kesempatan itu, ia menawarkan 5 keunggulan pariwisata Sarawak yang bisa dinikmati pengunjung. Di antaranya Culture, Adventure, Natural, Food dan Festival. 

“Culture atau kebudayaan yang dimiliki Sarawak yang banyak dan bisa dilihat oleh pengunjung. Kemudian Festival yang tiap tahun menjadi event di Sarawak,” ujarnya. 

Festival musik tahunan terbesar bertajuk Rain Forest Music Festival di Sarawak. Dan ini menurutnya, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

BACA JUGA:

Barbara menyebut Pontianak, Kalbar, masih jadi pasar utama wisata dari Indonesia menuju Sarawak.

“Tahun depan rencananya bakal ada penerbangan khusus umroh (Kuching Umroh Gateway) dari Indonesia melewati Kuching, Sarawak dari Indonesia. Adanya paket umroh melalui Kuching menuju Jedah dan Madinah ini diharapkan dapat mendongkar jumlah wisatawan ke Sarawak,” terang dia.

"Target kami adalah jamaah umroh Indonesia dan Filipina, Brunei Darussalam serta Malaysia sendiri," kata Barbara.

Dirinya juga berharap pada masa yang akan datang dapat dibuka lagi penerbangan dari Balikpapan menuju Malaysia, baik Kuala Lumpur maupun Kuching, seiring dengan pemindahan ibu kota ke wilayah Kaltim.

Director of Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) Indonesia Farah Delah Suhaimi menambahkan, selain untuk keperluan wisata, kunjungan ke Sarawak sebagian besar untuk keperluan medis.

"Dengan kelonggaran syarat bepergian yang diberikan kami berharap perjalanan menuju Sarawak bisa kembali normal. Khususnya bagi calon pasien yang ingin berobat ke rumah sakit di Sarawak," kata dia.

Farah mengatakan, selain lebih terjangkau dari sisi harga, fasilitas medis di Sarawak juga cukup lengkap. Layanan medis yang jadi unggulan adalah pengobatan kanker, penyakit jantung, tulang dan bayi tabung.

"Bagi masyarakat Indonesia yang ingin melakukan pengobatan di Malaysia bisa menghubungi perwakilan kami (MHTC) di Indonesia agar mendapat informasi yang lebih lengkap," kata dia.

Sementara itu, Kepala Disporapar Kota Balikpapan, Ratih Kusuma mengapresiasi kunjungan STB Malaysia. "Pastinya nanti akan ada kolaborasi untuk promosi wisata dua daerah ini," kata Ratih.

Dia pun mengharapkan ada penerbangan langsung yang bisa memudahkan pengunjung antara Balikpapan dan Malaysia. 

“Dengan begitu, akan banyak pengunjung mancanegara yang datang ke Balikpapan dan Malaysia,” tukasnya.

Salah satu warga Kaltim, Irma mengaku rutin melakukan perjalanan ke Sarawak untuk keperluan pelesir maupun berobat.

"Makanan di Malaysia juga masih ramah dengan lidah Indonesia. Begitu juga faktor komunikasi yang lebih mudah," katanya.

Ia mengharapkan ke depan ada penerbangan langsung dari Kaltim menuju Malaysia, baik menuju Kuala Lumpur maupun Kuching, Sarawak. ###