Ilustrasi
Kabar Ibu Kota

Sasar Pemilih Pemula, KPU Kota Singkawang Buat Rumah Pintar Pemilu

  • Komisi Pemilihan Umum Kota Singkawang gencar menyasar pemilih pemula guna meningkatkan pemahaman demokrasi dan pengetahuan serta wawasan tentang pemilu kepada pemilih pemula dan pra pemilih.

Kabar Ibu Kota
Admin

Admin

Author

SINGKAWANG—Komisi Pemilihan Umum Kota Singkawang gencar menyasar pemilih pemula guna meningkatkan pemahaman demokrasi dan pengetahuan serta wawasan tentang pemilu kepada pemilih pemula dan pra pemilih.

Anggota KPU Kota Singkawang Divisi Sosialisasi, Pendidikan Partisipasi Masyarakat dan SDM, Khairul Abror mengatakan bahwa sejak beberapa pekan lalu, sejumlah sekolah telah hadir di Rumah Pintar Pemilu (RPP) untuk belajar tentang demokrasi dan pemilu. Dia menambahkan sosialisasi ini merupakan upaya meningkatkan pemahaman tentang Pemilu yang dilakukan KPU Kota Singkawang melalui program audiensi RPP.

“Target utama dari audiensi Rumah Pintar Pemilu ini, untuk memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula dan pra-pemilih. Sudah ada beberapa sekolah yang datang ke Rumah Pintar Pemilu untuk studi tentang pemilu,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (20/11/2019).

Dia menilai keberadaan RPP sangat penting sebagai sarana pelayanan transparansi informasi pemilu di Kota Singkawang. Abror berharap pemahaman dan pengetahuan yang diperoleh para siswa tentang demokrasi dan pemilu dalam kegiatan audiensi ini, dapat disebarluaskan kepada yang lain.

Rumah Pintar Pemilu KPU Kota Singkawang terletak di area Kantor KPU di Kecamatan Singkawang Barat. Ruang RPP berisikan poster-poster tentang sejarah pemilu dan seputar informasi pemilu lainnya berupa majalah, buku dan media bacaan lainnya.

Di bagian sisi ruang lainnya, terdapat ruangan simulasi pemungutan suara dan miniatur TPS. Terdapat pula ruang diskusi, yang mana siswa bisa berdiskusi bersama perangkat KPU Kota Singkawang terkait pemilu.