Satgas Ops Polda Kaltim melakukan patroli di sekitar KIPP untuk pengamanan IKN. Foto: Humas Polda Kaltim.
Kabar Ibu Kota

Satgas Ops Nusantara Polda Kaltim Patroli di KIPP IKN

  • IBUKOTAKINI.COM - Petugas keamanan melakukan patroli di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, serta melakukan koordinasi dengan Babinsa dan warga Sepaku.
Kabar Ibu Kota
Redaksi

Redaksi

Author

IBUKOTAKINI.COM- Satuan Tugas Operasi Nusantara Polda Kaltim Regu C melakukan patroli di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN).

Patroli dilakukan untuk mendukung proses pembangunan ibu kota negara yang baru, dan memastikan situasi keamanan tetap kondusif. 

Dalam pernyataan yang diterima redaksi, Santu, 22 Oktober 2022, Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo mengatakan patroli untuk mengantisipasi potensi kamtibmas. 

“Patroli bertujuan mengantisipasi adanya gangguan – gangguan yang dapat menghambat pembangunan ibu kota negara baru, yang saat ini sudah mulai berjalan,” kata Yusuf Sutejo.

Yusuf menambahkan, personil juga melakukan peninjauan titik batas Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang dilanjutkan dengan koordinasi bersama Babinsa Kecamatan Sepaku untuk monitoring kondusivitas Kamtibmas di sekitar wilayah pembangunan IKN.

BACA JUGA:

“Satgas juga melakukan koordinasi dengan penduduk sekitar kawasan ibu kota negara yang baru ini agar bisa saling mengamankan situasi, sehingga tercipta situasi yang kondusif,” tambah Yusuf.

Hal tersebut dilaksanakan sebagai wujud deteksi dini guna mengamankan lokasi pembangunan IKN dari ancaman eksternal. 

Sebelumnya, aparat Polda Kaltim juga diturunkan ke jalur distribusi material pembangunan IKN. Aparat keamanan bersenjata diturunkan berjaga mulai pelabuhan, sampai lokasi pembangunan. 

Pengerahan aparat keamanan dalam pembangunan IKN merupakan salah satu perintah Presiden Jokowi demi mempercepat proses pembangunan ibu kota negara baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara. ###