Menunjang Ketersediaan Pangan, Satgas Pangan Akan Sampaikan Rencana Pembangunan Pasar Induk ke Gubernur Kaltim
Kabar Ibu Kota

Satgas Pangan Akan Sampaikan Rencana Pembangunan Pasar Induk ke Gubernur Kaltim

  • IBUKOTAKINI.COM - Satgas Pangan Polda Kaltim mendukung rencana pembangunan pasar induk atau food station di Kota Balikpapan dalam rangka menunjang ketersediaan stok pangan untuk masyarakat
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Satgas Pangan Polda Kaltim mendukung rencana pembangunan pasar induk atau food station di Kota Balikpapan dalam rangka menunjang ketersediaan stok pangan untuk masyarakat.

Rencana terkait hal ini disambut baik oleh Ketua Satgas Pangan yang juga Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Kaltim, Kombes Juda Nusa Putra.

Bahkan, pihaknya akan mengusulkan langsung rencana ini untuk ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Kaltim. Sebab, dampaknya tentu akan dirasakan juga oleh kabupaten/kota sekitar, khususnya yang memang mendapatkan pasokan pangan lewat Kota Beriman.

“Nanti kita akan berikan masukan juga kepada Pak Gubernur ya, karena memang butuh mesin CAS dan cold storage untuk mendukung kebutuhan pangan menyambut IKN (Ibu Kota Nusantara) dan proyek strategis nasional yang ada di Balikpapan dan sekitarnya,” ujarnya singkat pada Selasa (18/4/2023).

BACA JUGA:

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Balikpapan Haemusri Umar mengatakan, pihaknya akan sangat terbantu dengan penyampaian yang akan dilakukan Ketua Satgas Pangan Polda Kaltim kepada Gubernur Kaltim.

“Jadi, Balikpapan ini karena tingkat populasi kita selalu bertambah, alternatif kebijakan yang harus diambil oleh pemerintah provinsi itu harus mendukung kegiatan semacam food station atau pasar induk,” ucapnya ketika ditemui baru-baru ini.

“Ini lagi dikawal sama Pak Dirreskrimsus Polda Kaltim, yang mudah-mudahan bisa disuarakan kepada Gubernur lewat Polda,” tambahnya.

Hal ini dinilai sangat penting, apalagi kaitannya untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang semakin lama kian bertambah jumlahnya. Food station atau pasar induk ini akan menjadi faktor pendukung stabilitas atas ketersediaan stok pangan untuk masyarakat.

“Alternatif kebijakannya itu memang harus ada, yakni dengan satu kebijakan monumental yang dilakukan oleh Pak Gubernur terkait dengan food station yang ada di Balikpapan,” terangnya.

Mengingat, posisi strategis Kota Balikpapan yang juga sebagai kota penyangga IKN. Selain itu juga, sebagai pintu gerbang masuknya kebutuhan logistik untuk wilayah sekitar.

“Kita ini daerah penyangga yang seluruh kebutuhannya itu lewat Balikpapan, jadi kita nanti yang akan suplai ke kabupaten/kota yang ada,” jelasnya.

Karena proyek-proyek berskala nasional tersebut, Disdag Balikpapan mendorong konsentrasi kebijakan berkaitan dengan kebutuhan pangan yang didukung oleh semua pihak terkait, termasuk Pemprov Kaltim.

“Harus konsentrasi ke sana untuk kebijakan yang akan datang,” pungkasnya. ###