Secara Gratis, Pemuda Pemudi Kota Balikpapan Dapat Ilmu Usaha Barber Shop dan Sablon
Balikpapan

Secara Gratis, Pemuda Pemudi Kota Balikpapan Dapat Ilmu Usaha Barber Shop dan Sablon

  • Tujuan dari pelatihan ini, salah satunya para pemuda Kota Balikpapan bisa berwirausaha maupun bisa membuka lapangan kerja.
Balikpapan
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Pelatihan Barber Shop dan Sablon untuk pemuda pemudi Kota Balikpapan, diikuti 100 peserta, yang terbagi dari 50 peserta Barber Shop dan 50 peserta Sablon. 

Pelatihan yang digelar Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, menghadirkan narasumber Barber Shop dari Owner Sae Barbershop, Ryan Adriansah dan instruktur Sablon dari Owner Gadgud Sablon, Dedik Catur Riyanto.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Muhammad Andi Yusri mewakili Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud.

Pasalnya, pelatihan ini dapat memberikan bekal dan ketrampilan yang bermanfaat bagi pemuda di Kota Balikpapan, untuk menjadi generasi muda yang terampil, kreatif dan siap berwirausaha.

"Saya ingin mengajak para pemuda di Kota Balikpapan, untuk memanfaatkan peluang ini dengan sebaik-baiknya," ucapnya saat membuka pelatihan di Hotel Horison Ultima Balikpapan, pada Kamis, 16 Mei 2024.

Yang mana saat ini, Kota Balikpapan sebagai Kota Penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN), tentunya memiliki potensi yang besar untuk pengembangan usaha. "Jangan ragu untuk memulai usaha dan menjadi wirausahawan muda yang sukses," katanya.

BACA JUGA:

Pelatihan ini merupakan langkah yang tepat untuk membekali para pemuda dengan ketrampilan yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang pesat di Balikpapan membuka peluang usaha baru di berbagai sektor seperti kuliner, fashion, pariwisata dan juga kreatif lainnya.

"Saya berharap para peserta dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh, untuk membangun usaha yang mandiri dan berkelanjutan," katanya.

Dengan kreativitas dan keahlian yang dimiliki, dapat memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan usahanya dan menjangkau pasar yang lebih luas, sehingga para peserta pelatihan, dapat manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Kepala Disporapar Balikpapan, C.I. Ratih Kusuma mengatakan, kegiatan ini sebagai  kelanjutan dari sosialisasi kewirausahaan pemuda pemula Kota Balikpapan, yang telah dilaksanakan pada tanggal 27 April 2024. 

"Ini program pembinaan kelanjutannya, yang berkaitan dengan sosialisasi dan pelatihannya," terangnya.

Tujuan dari pelatihan ini, salah satunya para pemuda Kota Balikpapan bisa berwirausaha maupun bisa membuka lapangan kerja. Dengan demikian lapangan pekerjaan bisa diisi oleh para pemuda dengan memiliki jiwa enterpreneur dan mandiri. 

"Itu harapan kami pada pelatihan pada pagi hari ini," ujar Ratih. ***