Ilustrasi pemeriksaan kesehatan.
Kabar Ibu Kota

Sejumlah Puskesmas di Balikpapan Buka 24 Jam Selama Lebaran

  • Puskesmas diaga ada di seluruh kecamatan

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Sebanyak 12 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur tetap buka seperti biasa selama Idulfitri. Dari jumlah itu, tujuh Puskesmas akan buka selama 24 jam penuh. Dan lima Puskesmas lainnya buka pada jam kerja. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty menjelaskan, tujuh Puskesmas yang bukan 24 jam adalah Puskesmas Karangjoang, Kariangau, Baru Ulu, kemudian Mekarsari, Sepinggan, Klandasan Ilir, dan Manggar Baru. "Puskesmas itu tersebar di semua kecamatan," kata wanita yang akrab disapa Deo itu. 

Sedangkan lima puskesmas yang buka pada jam kerja diantaranya Puskesmas Margasari, Telagasari, Gunung Sari Ulu dan Manggar. “5 puskesmas rawat jalan itu juga buka untuk back up. Jadi ada 12 puskesmas yang tetap buka,” ujarnya.

Selain puskesmas, unit gawat darurat (UGD) rumah sakit tetap buka seperti biasa, termasuk melayani pasien rujukan dari puskesmas. “Kalau puskesmas tidak sanggup UGD semua rumah sakit juga buka, akan dirujuk di rumah sakit,” ujarnya

Kata dia, seluruh petugas medis di puskesmas juga selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap. “Jadi petugas kita selalu menggunakan APD lengkap dan kita juga lakukan rapid test kepada mereka,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, sebanyak 1.700 tenaga medis di Kota Balikpapan dari dokter hingga perawat telah menjalani rapid test. “Sudah rapid test, kemarin ada 1 perawat reaktif, tapi itu juga hasil uji swabnya negatif,” ujarnya. 

DKK mengerahkan 3 shift dengan jumlah tenaga medis sebanyak 15 orang tiap Puskesmas siaga. DKK Balikpapan juga menempatkan sejumlah petugas disejumlah Posko Pengamanan Lebaran untuk membantu penanganan medis.