Sekda PPU Tohar Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila  pada Selasa 1 Oktober 2024 di Kantor Bupati PPU
Penajam

Sekda PPU Tohar Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

  • Pentingnya Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen refleksi sejarah bangsa. Pancasila, sebagai falsafah negara, telah menjadi pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan kepulauan di Indonesia.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Tohar, memimpin jalannya upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ke-59 yang berlangsung dengan khidmat di halaman depan Kantor Bupati PPU pada Selasa, 1 Oktober 2024. Upacara ini mengusung tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas.”

Dalam sambutannya, Tohar menekankan pentingnya Hari Kesaktian Pancasila sebagai momen refleksi sejarah bangsa. Pancasila, sebagai falsafah negara, telah menjadi pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan kepulauan di Indonesia.

"Betapa ampuhnya Pancasila mempersatukan. Jika kita tidak memiliki filosofi seperti Pancasila, negara ini yang terdiri dari banyak kepulauan, dari ujung barat hingga timur Indonesia, semuanya berpegang pada Pancasila," ungkap Tohar.

BACA JUGA:

Selain itu, Tohar menyoroti pentingnya pembacaan Ikrar Kesaktian Pancasila yang dilakukan oleh Ketua DPRD PPU, Raup Muin, sebagai bentuk komitmen untuk mempertahankan eksistensi bangsa Indonesia. Ia menegaskan bahwa nilai-nilai dalam Pancasila tetap relevan dan harus dijaga.

"Lima sila dalam Pancasila itu dasar yang sangat fundamental. Nilai-nilainya tetap eksis sampai sekarang, itulah yang harus kita ingat dan pertahankan," ujar Tohar.

Pelaksanaan upacara berjalan hikmat yang diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, siswa siswi PPU, pegawai negeri sipil di lingkungan Kabupaten PPU dan guru. (Adv/Diskominfo PPU)