Sektor Perikanan, Jadi Kiblat Peningkatan Ekonomi Kecamatan Samboja
Kabar Ibu Kota

Sektor Perikanan, Jadi Utama Peningkatan Ekonomi Kecamatan Samboja

  • KUTAI KARTANEGARA - Kecamatan Samboja memiliki dua sektor unggulan yang menjadi acuan bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian mas
Kabar Ibu Kota
Robi Sugiarto

Robi Sugiarto

Author

KUTAI KARTANEGARA, IBUKOTAKINI.COM - Kecamatan Samboja memiliki dua sektor unggulan yang menjadi acuan bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, sektor tersebut ialah perikanan dan budidaya rumput laut.

Kecamatan Samboja di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terletak di wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan Kota Balikpapan, Samarinda, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Kondisi geografisnya yang menghadap pantai membuat sebagian besar penduduk di wilayah ini berprofesi sebagai nelayan dan pembudidaya ikan tambak.

Hasil produksi dari nelayan dan pembudidaya ikan di Samboja sebagian besar dikirimkan ke kota-kota besar di sekitarnya. 

Camat Samboja menyatakan, hal ini menjadikan Samboja memiliki potensi perikanan yang sangat besar, terutama di beberapa kelurahan seperti Tanjung Harapan, Kuala Samboja, Teluk Pemedas, dan Muara Sembilang.

"Sebagian wilayah ini yang ada di Samboja merupakan penghasil ikan terbesar di daerah ini," ungkap Camat Samboja pada Rabu 1 November 2023. 

Meskipun ia tidak memiliki data pasti mengenai jumlah produksi ikan per bulan di Samboja, Damsik mengklaim bahwa produksi ikan di wilayah ini, sangat besar dan mampu memenuhi kebutuhan ikan di Kukar.

Selain menjual langsung kepada konsumen, para nelayan dan pembudidaya ikan di Samboja juga menjual hasil ikan mereka kepada para tengkulak di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:

“Terkadang dari nelayan pun langsung menjual di pengepul ikan, ataupun kepada para pelanggan,” ujarnya.

Damsik menjelaskan bahwa terkadang nelayan bahkan menjual ikan mereka secara langsung kepada tengkulak. Namun, potensi perikanan bukan satu-satunya hal yang dimiliki oleh Samboja. 

Damsik juga menunjukkan bahwa, wilayah ini merupakan salah satu penghasil rumput laut yang cukup signifikan. 

Banyak pembudidaya rumput laut yang beroperasi di sepanjang garis pantai Samboja, sehingga wilayah ini juga termasuk dalam daerah budidaya rumput laut di Kukar.

“Di Kecamatan Samboja ini, kita ada sektor luar biasa yang lainnya. Daerah kita juga termasuk tempat budidaya rumput laut,“ tuturnya.

Damsik berharap bahwa potensi perikanan dan budidaya rumput laut ini akan terus berkembang, mendukung ekonomi lokal, dan memberikan manfaat bagi masyarakat di Kecamatan Samboja. (Adv)