Semangat HUT ke-79 RI, TP PKK Balikpapan Gelar Lomba Kebaya
Balikpapan

Semangat HUT ke-79 RI, TP PKK Balikpapan Gelar Lomba Kebaya

  • Lomba kebaya ini diikuti oleh 34 peserta, sesuai dengan jumlah kelurahan di Balikpapan. Selain lomba kebaya, berbagai lomba lain juga digelar, termasuk lomba tumpeng, lomba menyanyikan lagu perjuangan, dan lomba jingel Gelari Pelangi.
Balikpapan
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, TP PKK Balikpapan menggelar serangkaian lomba dengan tema "Berkibarlah Benderaku, Lestarikan Kebayaku" di halaman kantor TP PKK, pada Selasa 20 Agustus 2024. Acara ini menjadi ajang untuk memperkuat rasa cinta tanah air dan melestarikan budaya lokal, terutama kebaya sebagai simbol kearifan lokal.

Ketua TP PKK Balikpapan, Hj. Nurlena Rahmad Mas’ud, mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kader TP PKK terhadap perjuangan bangsa. 

“Salah satu cara kami membudayakan kebaya adalah dengan mengombinasikannya dengan sarung, yang merupakan hasil karya seniman Kota Balikpapan,” katanya dalam sambutan pembuka. 

Lomba kebaya ini diikuti oleh 34 peserta, sesuai dengan jumlah kelurahan di Balikpapan. Selain lomba kebaya, berbagai lomba lain juga digelar, termasuk lomba tumpeng, lomba menyanyikan lagu perjuangan, dan lomba jingel Gelari Pelangi. 

BACA JUGA:

Nurlena menuturkan bahwa lomba jingel Gelari Pelangi merupakan salah satu program TP PKK Pusat yang sebelumnya dilombakan di Solo. 

“Kami berharap pada tahun 2025, lomba ini dapat diadakan di tingkat nasional, dan kami ingin TP PKK Balikpapan lebih siap dengan menggelarnya terlebih dahulu,” tambahnya.

Dalam semangat kemerdekaan, TP PKK Balikpapan mengajak para kader untuk menghargai nilai-nilai lokal dan menghormati para pejuang yang telah merebut kemerdekaan. Lomba menyanyikan lagu perjuangan juga menjadi upaya untuk menghidupkan kembali lagu-lagu kebangsaan yang mungkin jarang didengar saat ini.

Semangat HUT ke-79 RI, TP PKK Balikpapan Gelar Lomba Kebaya  

Acara ini juga diramaikan dengan lomba tumpeng yang diikuti oleh 6 kecamatan di Balikpapan. Setiap tumpeng yang disajikan mengangkat kearifan lokal melalui inovasi dalam menu makanan, menunjukkan betapa kaya dan beragamnya budaya kuliner daerah. 

“Inovasi-inovasi baru ini harus terus dikembangkan,” tutup Nurlena.

Juara Lomba Tumpeng

1. Kecamatan Balikpapan Barat

2. Kecamatan Balikpapan Utara

3. Kecamatan Balikpapan Kota

Lomba Nyanyi Lagu Perjuangan oleh TP PKK Balikpapan

Juara Lomba Jingle Gelari Pelang

1. Kecamatan Balikpapan Selatan

2. Kecamatan Balikpapan Barat

3. Kecamatan Baliklapan Timur

 

Juara Lomba Menyanyikan Lagu Perjuangan

1. Kecamatan Balikpapan Kota

2. Kecamatan Balikpapan Tengah

3. Kecamatan Balikpapan Barat

 

Juara Lomba Kebaya

1. Nomor urut 24

2. Nomor urut 19

3. Nomor urut 06

 

Penampilan terbaik nomor urut 31

 

Busana kebaya terbaik nomor urut 04

 

Favorit kebaya nomor urut 32