Semangat Kebhinekaan, Bakesbangpol Inisiasi Forum Koordinasi FPK Se Kota Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Semangat Kebhinekaan, Bakesbangpol Inisiasi Forum Koordinasi FPK Se Kota Balikpapan

  • BALIKPAPAN - Untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesb
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan menggelar Forum Koordinasi dan Dialog Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Se Kota Balikpapan, di Hotel Horison Balikpapan, pada hari Sabtu, 18 November 2023. 

Kepala Bidang (Kabid) Kesbang Bakesbangpol Balikpapan, Purwantoro mewakili Kepala Bakesbangpol Kota Balikpapan, Sutadi mengatakan FPK merupakan wadah informasi, komunikasi, konsultasi, dan kerjasama antara warga masyarakat, yang diarahkan untuk menumbuhkan, memantapkan, memelihara dan mengembangkan pembauran kebangsaan.

Ia mengungkapkan proses Pembauran Kebangsaan, pada pelaksanaannya meliputi kegiatan integrasi anggota masyarakat dari berbagai suku, etnis melalui interaksi sosial dalam bidang bahasa,adat istiadat, seni budaya, pendidikan dan perekonomian.

Hal itu untuk mewujudkan kebangsaan Indonesia tanpa harus menghilangkan identitas, ras, suku dan etnis masing-masing.

"Kita harus sadari Pembauran Kebangsaan merupakan komitmen bangsa dalam mengukuhkan semangat kebhinekaan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. Pembauran kebangsaan saat ini menjadi amat penting," ucapnya.

BACA JUGA:

Ia mengajak kepada segenap pengurus dan anggota Forum Pembauran Kebangsaan Kebangsaan, untuk dapat berkomitmen dan menjalankan tugasnya dalam menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan.

Dengan menyelenggarakan forum dialog dengan pimpinan organisasi pembauran kebangsaan, pemuka adat, suku, dan masyarakat, dalam menyelenggarakan sosialisasi kebijakan yang berkaitan dengan pembauran kebangsaan dan merumuskan Panerintal Kota rekomendasi kepada Wali Kota dan Bupati, sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan kebijakan pembauran kebangsaan.

"Itulah peran strategis forum ini sebagai salah satu wujud bakti kita kepada masyarakat, bangsa dan negara," terangnya.

Dengan kehadiran FPK sangat dibutuhkan untuk menjaga kondusifitas ditengah masyarakat yang sangat rentan terhadap konflik. Perlu pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak memicu konflik. "Sekecil apapun persoalan sosial harus segera terselesaikan, agar tidak menjadi besar,"ujarnya.

Ia pun mengingatkan, menjelang tahun politik FPK untuk tetap

sebagai forum menjaga kondusifitas daerah, negara dan bangsa. "Jangan sampai terlibat dalam politik praktis, FPK seperti yang saya katakan tadi punya peran strategis untuk menjaga Balikpapan tetap damai dan kondusif. Mari kita bersama membangun Kota Balikpapan menuju madinatul Iman," harapnya

Dapat dilihat keadaan di tengah masyarakat saat ini, melemahnya persatuan dan kesatuan bangsa yang ditandai dengan mudahnya masyarakat terprovokasi dan termakan isu-isu yang menyesatkan, yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan negara terutama juga disebabkan berkembangnya teknologi informasi yang semakin pesat. Sehingga, menyebabkan arus informasi dan komunikasi yang mudah dan

cepat. Oleh karena itu, pembauran kebangsaan harus terus digelorakan dan diperjuangkan secara sungguh-sungguh, sehingga dapat menekan konflik dan potensi konflik yang terjadi.

FPK mempunyai peranan strategis dalam menjaga persatuan dalam kebhinekaan. Kota Balikpapan sudah sejak dahulu terbiasa dengan perbedaan suku, etnis namun tetap dapat berdampingan dengan damai. 

"Masyarakat Kota Balikpapan merupakan masyarakat yang cinta damai, saling menghormati satu sama lain dan itu bukan slogan saja tapi nyata yang kita rasakan hingga saat sekarang ini," ujarnya. (*)