Semarak Hardiknas 2024 di Penajam Paser Utara: Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar
Penajam

Semarak Hardiknas 2024 di Penajam Paser Utara: Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar

  • Wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun melalui gerakan Merdeka Belajar.
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan penuh semangat di aula lantai I Kantor Bupati PPU pada Kamis 2 Mei 2024.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) PPU, Tohar, dan diikuti oleh perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, para kepala perangkat daerah, dan para guru sekolah di lingkungan Kabupaten PPU.

Peringatan Hardiknas tahun ini mengangkat tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar". Tema ini mencerminkan semangat untuk terus bergotong royong memajukan pendidikan di Indonesia, khususnya di Kabupaten PPU.

Dalam sambutannya, Sekda PPU Tohar menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Ia mengungkapkan bahwa perjalanan gerakan Merdeka Belajar dalam lima tahun terakhir bukanlah hal yang mudah, terutama dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis.

"Dengan bergotong royong, kita berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat," tegasnya.

BACA JUGA:

  • https://ibukotakini.com/read/hardiknas-otorita-ikn-inovasi-pendidikan-dan-olimpiade-siswa-nusantara

Lebih lanjut, Tohar menyampaikan bahwa wajah baru pendidikan dan kebudayaan Indonesia sedang dibangun melalui gerakan Merdeka Belajar. Gerakan ini memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk berani bermimpi dan para pengajar untuk berani mencoba hal-hal baru dalam proses belajar mengajar.

"Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan," pungkasnya.

Puncak acara peringatan Hardiknas 2024 di PPU dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan kepada berbagai pihak yang berjasa di bidang pendidikan. Penghargaan tersebut diberikan kepada:

Bankaltimtara atas partisipasi peningkatan sumber daya manusia bidang pendidikan
SMPN 1 PPU sebagai Sekolah Inspiratif Pencegahan Perundungan Tingkat Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI
SDN 013 Penajam sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI
M. Wildan Fahmi dari SDN 013 Penajam sebagai Juara 1 Tahfiz Surah Al-Baqarah Putra Tingkat Provinsi Kalimantan Timur
Asnan dari SDN 005 Penajam Filial sebagai Guru Berdedikasi Mengabdi di Sekolah Terpencil Tingkat Kabupaten PPU

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemkab PPU atas dedikasi dan kontribusi para pihak dalam memajukan pendidikan di Kabupaten PPU. (Adv/Diskominfo PPU)