Penampilan devile dari sembilan kabupaten kota di provinsi Kaltim, dengan ciri khas budaya masing-masing
Kabar Ibu Kota

Sembilan Kabupaten Kota di Provinsi Kaltim Ikuti JPD Kaltim di Balikpapan

  • Kegiatan ini berharap anak-anak muda ini terus dan tetap mempertahankan budaya, agama keberagaman lain yang di miliki Indonesia.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN - Sembilan Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengikuti Jambore Pemuda Daerah (JPD) Provinsi Kaltim di Kota Balikpapan.

Kegiatan tahunan dari Dinas Pemuda Olahraga Provinsi Kaltim berlangsung dari tanggal 30 Mei- 03 Juni 2024. JPD dibuka dengan penampilan devile dari sembilan peserta JPD Kaltim, dengan ciri khas budaya masing-masing.

JPD dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Kadispora) Provinsi Kaltim, H. Agus Hari Kesuma, di Pantai Manggar Sengara Sari pada hari Jumat, 31 Mei 2024.

Kegiatan ini berharap anak-anak muda ini terus dan tetap mempertahankan budaya, agama keberagaman lain yang di miliki Indonesia. "Itu yang paling penting," ucapnya.

Bahasa juga menjadi hal penting yang harus terus dipertahankan. Paling tidak ada komunikasi atau group diskusi, supaya bahasa ini tidak bisa berubah. Apalagi Provinsi Kaltim menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN), bahasa Indonesia harus ditetap menjadi identitas nasional yang dimiliki bangsa Indonesia.

BACA JUGA:

Di kesempatan yang sama, Asisten II Bidang  Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah (Setda) Kota Balikpapan, Muhammad Andi Yusri kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi pemuda, dan bagi kemajuan daerah dan bangsa.

Diharapkan pemuda di Kaltim dapat menjadi agen perubahan dan pembangunan bangsa. Pemuda yang memiliki karakter kuat, berwawasan luas dan berjiwa nasionalis serta pemuda yang mampu menjadi motor penggerak kemajuan daerah dan bangsa.

"Saya yakin dan percaya pemuda Kaltim, memiliki potensi yang luar biasa. Dengan semangat juang dan tekad yang kuat, pemuda Kaltim mampu meraih cita-cita dan membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Ia berpesan kepada peserta JPD Kaltim agar mengikuti seluruh kegiatan dengan penuh semangat dan kesungguhan. "Gunakan kesempatan ini untuk belajar, berlatih dan menjalin pertemanan dengan pemuda dari berbagai daerah di Kaltim," tukasnya. ***