Ilustrasi sensus penduduk online.
Kabar Ibu Kota

Sensus Penduduk Online Segera Berakhir

  • Masyarakat diminta bantu sebarkan via Whatsapp

Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) tahun ini akan berakhir 29 Mei 2020. Kegiatan nasional yang bertujuan memutakhirkan data penduduk terus berjalan di tengah ancaman wabah. Akibat kondisi ini, sejumlah target yang dicanangkan sulit terpenuhi. Karena itu, Badan Pusat Statistik (BPS) Kalimantan Timur mengajak masyarakat untuk terlibat aktif.

"Masyarakat yang sudah mengisi SPO bisa membantu BPS dalam mensosialisasikan pelaksanaan sensus penduduk online ini ke berbagai kalangan, keluarga, teman kerja, tetangga, group binaan instansi, group WA alumni dan komite," harap Kepala BPS Kaltim Atqo Mardiyanto. 

Atas keterbatasan dan sisa waktu SPO ini, Atqo berharap tim pelaksana kegiatan SPO lebih optimal di lapangan mengajak dan mengimbau masyarakat untuk berperan aktif mengisi SPO melalui aplikasi yang sudah disediakan.

Sensus penduduk tahun ini dimulai pada 15 Februari 2020. Metode yang digunakan selain tatap muka, juga melalui situs resmi BPS.  "Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih atas kesediaan menjadi Tim Pelaksana Kegiatan Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan BPS Kaltim," ucap Atqo.

Selanjutnya, BPS informasikan bahwa Tim maupun masyarakat bisa mengeshare bahan yang telah dikirim ke berbagai kalangan tersebut.
"Untuk bahan sosialisasi seperti leaflet dan petunjuk pengisian terus disebarkan secara luas di masyarakat," ungkap Atqo.