Sepekan Jelang Lebaran, DKP PPU Gelar Gerakan Pangan Murah
Penajam

Sepekan Jelang Lebaran, DKP PPU Gelar Gerakan Pangan Murah

  • PENAJAM - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Gerakan Pangan Mur
Penajam
Is Wahyudi

Is Wahyudi

Author

PENAJAM - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Gerakan Pangan Murah di halaman Kantor DKP PPU pada Rabu 3 April 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau dan menekan inflasi. Berbagai macam bahan pokok tersedia, mulai dari beras Bulog, beras lokal, gula, minyak goreng, daging, dan lainnya, dengan harga yang lebih murah dibandingkan pasar.

Kepala DKP PPU Mulyono menjelaskan bahwa Gerakan Pangan Murah ini merupakan upaya Pemkab PPU untuk menstabilkan harga dan membantu masyarakat menjelang Lebaran. Ini merupakan kali kedua kegiatan ini diadakan setelah sebelumnya dilaksanakan pada minggu sebelumnya.

Mitra-mitra DKP PPU seperti Bulog, toko modern Maxi dan Indomaret, serta pengusaha beras dari Kecamatan Babulu turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

"Ketersediaan sembako ini diharapkan dapat menstabilkan harga dan mencegah harga melambung tinggi di pasaran," ujar Mulyono.

BACA JUGA:

Pembelian dibatasi untuk memastikan semua masyarakat mendapatkan kesempatan yang sama. "Jika stok masih ada, masyarakat bisa membeli lagi. Kami juga ingin menghindari pembelian oleh tengkulak," terangnya.

Harga yang ditawarkan dalam Gerakan Pangan Murah ini cukup terjangkau. Contohnya, beras lokal Rp 14.000/kg, beras Bulog Rp 52.000/kg, bawang merah/putih Rp 40.000/kg, kacang tanah kupas Rp 38.000/kg, dan minyak goreng Rp 29.900/2 liter.

"Masyarakat jangan khawatir, kebutuhan pokok menjelang Lebaran terjamin. Kami sudah upayakan penyeimbang harga pasar," kata Mulyono.

Salah satu warga, Ibu Sutinah, mengaku terbantu dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini. "Harganya lebih murah dibandingkan di pasar. Saya bisa lebih hemat," ujarnya.

Gerakan Pangan Murah ini merupakan solusi yang tepat untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, terutama menjelang Hari Raya Idulfitri. (*ADV/DISKOMINFO-PPU)