Seragam Gratis Sekolah Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Siap Didistribusikan
Kabar Ibu Kota

Seragam Gratis Sekolah Tahun Ajaran Baru 2023/2024 Siap Didistribusikan

  • IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan melanjutkan program seragam gratis yang juga dilaksanakan pada tahun ajaran yang lalu.Namun begitu, proses dan mek
Kabar Ibu Kota
Niken Dwi Sitoningrum

Niken Dwi Sitoningrum

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota Balikpapan melanjutkan program seragam gratis yang juga dilaksanakan pada tahun ajaran yang lalu.

Namun begitu, proses dan mekanisme pengadaan yang dilakukan tahun ini berbeda dengan tahun lalu.

Jika tahun lalu pengadaan dilakukan melalui lelang, kini pengadaan dilakukan melalui e-katalog. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi permasalahan keterlambatan distribusi yang terjadi seperti tahun lalu.

“Kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung selama beberapa bulan dan seragam baru sampai (didistribusikan),” terang Ganung Praktikno, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan kepada ibukotakini.com, Selasa (4/7/2023).

Bahkan, saat ini, 70 persen dari total seragam gratis yang akan didistribusikan sudah berada di Balikpapan, tepatnya di gudang salah satu ekspedisi yang nantinya akan mendistribusikan ke sekolah-sekolah.

BACA JUGA:

Lebih lanjut, ia menjelaskan, sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini sudah dilengkapi dengan data ukuran baju seragam siswa baru jenjang awal SD dan SMP.

“Di sistem PPDB kita, pada saat siswa itu mendaftar ulang dia mengklik dua variabel, lapor diri dan pilihan ukuran baju,” jelasnya.

“Pilihan ukuran baju kalau di SD sederhana, S, M dan L, tetapi untuk SMP sampai 6XL,” tambahnya.

Adapun, seragam gratis yang akan didistribusikan kepada siswa kelas 1 SD dan kelas 7 SMP itu adalah seragam nasional (merah putih untuk SD dan biru putih untuk SMP), batik dan pramuka.

“Kalau SD, batiknya itu berwarna merah maroon dengan motif batik khas Balikpapan, yaitu Kelubut. Kalau SMP berwarna biru, sementara untuk kesetaraan atau SPNF (Satuan Pendidikan Non Formal) paket A dan B berwarna kuning,” papar Ganung.

Ia menegaskan, semua seragam sudah siap didistribusikan pada waktu menjelang hari pertama tahun ajaran 2023/2024. Total sejumlah 12.000 pasang seragam untuk jenjang SMP, 13.000 pasang untuk SD, dan 1.000 pasang seragam untuk SPNF

“Dengan anggaran total mencapai kurang lebih Rp 23,5 Miliar,” tutupnya. 

Sebagai informasi, program seragam gratis siswa baru SD dan SMP ini bagian dari Program Wali Kota Balikpapan terpilih Rahmad Mas'ud. Seragam gratis ini untuk meringankan orangtua ketika siswa baru masuk sekolah dan peningkatan SDM unggul. (Adv)