Serah Terima Petugas Linmas, Wali Kota Balikpapan Pesan Jalankan Tugas Sesuai SOP
Politik

Serah Terima Petugas Linmas, Wali Kota Balikpapan Pesan Jalankan Tugas Sesuai SOP

  • BALIKPAPAN - Untuk membantu mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan H Rahma
Politik
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Untuk membantu mengawal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kota Balikpapan, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud menyerahkan 4.094 Petugas Linmas kepada Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto.

Linmas merupakan garda terdepan dalam menjaga kondusifitas dan mencegah terjadinya kecurangan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Wali Kota Balikpapan berpesan kepada petugas linmas untuk mengerjakan tugas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Petugas linmas juga mengajak masyarakat untuk melakukan pemungutan suara di TPS, sehingga masyarakat tidak golput.

"Mereka membantu pemerintah untuk mensukseskan Pemilu Tahun 2024. Mereka bisa mengawasi, berkoordinasi baik dengan KPPS, aparat keamanan termasuk masyarakat," ucapnya usai apel serah terima linmas tahun 2024 Kota Balikpapan, di Stadion Batakan pada hari Rabu 7 Februari 2024. 

Pemilu ini merupakan pesta demokrasi. Yang namanya pesta itu penuh kegembiraan, kesenangan, keceriaan. Tidak ada saling hujat menghujat. Yang terpenting harus menjaga persatuan dan kesatuan.

"Apapun pilihan kita terserah dari individu masing-masing. Boleh kita berbeda warna, berbeda calon, tetapi tali silaturahmi kita sebagai anak bangsa yang paling utama," terangnya.

BACA JUGA:

Kapolresta Balikpapan, Kombes Pol Anton Firmanto mengatakan linmas bertugas untuk melakukan pengamanan TPS dalam pemilu 2024, dibawah koordinasi petugas Kepolisian, untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara di TPS serta pengawalan kotak suara bersama kepolisian.

"Pemerintah Kota Balikpapan telah menyerahkan 4.094 petugas linmas kepada Polresta Balikpapan, yang akan diperbantukan, dalam kegiatan pengamanan TPS di Kota Balikpapan dalam rangka Pemilu Tahun 2024," katanya.

Petugas linmas ini akan disebarkan ke seluruh TPS di Kota Balikpapan. Yang mana total TPS berjumlah 2.047 TPS. Tentunya, dalam pelaksanaan pola pengamanan ini disesuaikan dengan wilayah dan nantinya akan diberi arahan oleh Kapolsek.

Serah Terima Petugas Linmas, Wali Kota Balikpapan Pesan Jalankan Tugas Sesuai SOP

"Bagaimana dia bisa berperan di dalam melaksanakan pengamanan TPS sampai dengan selesai penghitungan suara hingga surat suara itu bergeser ke PPK," ujar Anton.

Berharap pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kota Balikpapan dapat berjalan lancar. Semua masyarakat Kota Balikpapan, masyarakat Kalimantan Timur dan Indonesia mendoakan pelaksanaan pemilu tahun 2024 bisa berjalan aman dan lancar.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Balikpapan, Noor Thoha mengatakan para petugas linmas ini akan terbagi di seluruh TPS, yang mana masing-masing TPS ada dua linmas yang bertugas, satu orang di pintu masuk dan satu orang di pintu keluar. "Linmas organ tubuh di TPS," sebutnya. (*)