Setelah Joglosemar, Kini Posko TPS Gerakan Rakyat Mulai Menembus Lumbung Suara Terbesar
Politik

Setelah Joglosemar, Kini Posko TPS Gerakan Rakyat Mulai Menembus Lumbung Suara Terbesar

  • JAKARTA - Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) dan para relawan AMIN siap menembus provinsi 'ters
Politik
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

JAKARTA, IBUKOTAKINI.COM -  Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) dan para relawan AMIN siap menembus provinsi 'tersubur' pemilih Pilpres 2024 untuk mengaktifkan Posko TPS Gerakan Rakyat.

Rombongan relawan dilepas oleh Deputi Relawan dan Partisipasi Publik Timnas AMIN, Bambang Sutedjo, di Rumah Perubahan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Selasa (12/12/2023).

Kepada Koordinator Rombongan Dicky Fernando, Bambang Sutedjo berpesan agar para relawan dan semua elemen saling menjalin kerja sama untuk pendirian Posko TPS Gerakan Rakyat yang terintegrasi dengan Tim Pemenangan Daerah AMIN. 

"Aktifkan posko yang sudah ada, dirikan posko yang belum ada. Tancapkan bendera di masing-masing TPS sebagai tanda penguasaan teritorial, dan tanda kita sudah hadir bersama masyarakat," pesan Bambang Sutedjo saat pelepasan rombongan di Rumah Perubahan Brawijaya X, Jakarta Selatan, Selasa 12 Desember 2023.

Sementara itu, Koordinator Rombongan Dicky Fernando mengakui, target pendirian posko GR di Jawa Barat, perlu trik tersendiri. 

"Kita semua tahu, Jawa Barat adalah lumbung suara pemilih suara nasional. Ini merupakan momentum bagi masyarakat untuk perubahan di Indonesia," ucap Dicky sambil melambaikan tangan kepada Koordinator Presidium Gerakan Rakyat Sahrin Hamid, Anggota Presidium Gerakan Rakyat La Ode Basir, Koordinator Media & Communications Timnas AMIN Hani Fibianti, dan lainnya. 

BACA JUGA:

Ada empat titik aktivasi Posko TPS Gerakan Rakyat di Jawa Barat, yaitu di Bandung, Garut, Sumedang, dan Purwakarta. 

Berdasarkan data KPU, daftar pemilih tetap (DPT) 2024 di Jawa Barat sebanyak 35,7 juta suara. Ini setara dengan 17% pemilih nasional. 

Dua parpol pengusung pasangan AMIN, yaitu PKS dan PKB, diharapkan mampu mendulang suara signifikan di provinsi ini. Pada pemilu 2019, PKS meraih 3,3 juta suara, sedangkan PKB 1,9 juta suara. Kala itu, total suara yang diraih kedua parpol tersebut setara dengan 20% pemilih di Jawa Barat. 

"Alhamdulillah, Posko TPS Gerakan Rakyat di beberapa wilayah sudah mulai berdiri. Kami memantau langsung di Jogja dan Jawa Tengah seperti Klaten, dan Solo Raya belum lama ini. Salah satunya posko yang berlokasi di Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Posko ini akan terus bertambah hingga mencapai sekitar 820.000 posko di seluruh Indonesia,” ujar Sudirman Said, Senin (11/12/2023).

Dia memastikan sekitar 820.000 Posko TPS Gerakan Rakyat telah berdiri sebelum Pilpres 14 Februari 2024. Jumlah ini hampir sama dengan total TPS dalam Pilpres 2024 sekitar 820.000.

Posko TPS Gerakan Rakyat pemenangan paslon nomor 1 Anies-Muhaimin (AMIN) sampai di titik terdepan dan terdekat, yaitu tiap TPS di seluruh Jawa, bahkan selanjutnya seluruh penjuru tanah air. (*)