Siap Bertanding, 141 Atlet Paralympic Kota Balikpapan Dilepas
Kabar Ibu Kota

Siap Bertanding, 141 Atlet Paralympic Kota Balikpapan Dilepas

  • BALIKPAPAN - Persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Paralympic Provinsi (Peparprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah dilaksanakan oleh panitia. Mengingat pel
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Paralympic Provinsi (Peparprov) Kalimantan Timur (Kaltim) telah dilaksanakan oleh panitia. Mengingat pelaksanaan Peparprov Kaltim 2023, Balikpapan sebagai tuan rumah.

Kali ini, Pemerintah Kota Balikpapan melepas 141 atlet Paralympic yang akan bertanding di Peparprov Kaltim. Pelepasan oleh Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Muhaimin mewakili Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud di Halaman Balaikota Balikpapan, Senin 13 November 2023.

Atlet yang dilepas ini bertanding mulai 15-20 November 2023, dengan 13 Cabang Olahraga yang dipertandingkan.

Pelepasan juga dihadiri Staf Ahli Heria Prisni, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP) Balikpapan dr. Cokorda Ratih Kusuma, Ketua Nasional Paralympic Committee Indonesia ( NPCI) Kaltim dan NPCI Balikpapan.

BACA JUGA:

Dalam pelepasan, Sekda Balikpapan Muhaimin meminta kontingen atlet paralympic Balikpapan untuk tampil dengan semangat mencapai prestasi walaupun dalam kondisi terbatas.

“Jumlah besar harus ditebus dengan prestasi yang besar pula. Jadilah juara tapi bukan halal kan segala cara,” pesan Muhaimin.

Menurut Muhaimin, meski memiliki keterbatasan namun tidak menutup untuk berprestasi.

“Ada keterbatasan tapi tidak menutup untuk berprestasi mengalahkan yang normal. Tekad kita jadi yang terbaik di Kaltim tapi dengan cara menjaga sportivitas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua NPCI Kaltim Suharyanto menyebut  913 orang  terlibat dalam gelaran Peparprov 2023 yakni 615 atlet paralympic, 256 wasit, juri dan 200 pelatih. Kegiatan Peparprov Kaltim 2023 juga di dukung panitia sekitar 200 orang.

”Cabor itu 15 tapi masih nunggu dua bowling dan anggar," ujarnya.

Peparprov ini akan menjadi seleksi Peparnas 2024. "Melalui Peparprov betul-betul diambil untuk peparnas tahun depan ke Medan. Kalau anggaran kita dapat dari Dbon sekitar 5 miliar, ” tambahnya.

Peparprov diikuti 9 kabupaten kota di Kaltim. Adapun lokasi bertanding terdapat beberapa venue. Di antaranya Gedung Hevindo, lapangan tenis di Bj-bj, lapangan Sudirman dan lainnya.

"NPCI Kaltim rencananya juga akan bertanding di Medan. Atlet yang akan mengikuti pun akan proses seleksi," ucap Suharyanto.

Suharyanto menambahkan NPC Kaltim memiliki sejarah prestasi di bidang angkat berat, renang dan tenis meja namun karena kondisi anggaran, banyak anggota yang pindah ke daerah lain.

“Anggaran  fluktuatif  membuat  banyak  atlet yang pindah waktu PON Papua (2022). Kita tak bisa mengembangkan karir ,  banyak  atlet  pindah ke daerah lain,” tutupnya. ***