Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudo Lelono
Politik

Siap Gelar Pilkada 2024, KPU Balikpapan Sosialisasikan Tahapan

  • KPU akan mengadakan launching Pilkada serentak se-Indonesia pada tanggal 4 Mei 2024.
Politik
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan melakukan audiensi dengan Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, pada hari Selasa (23/4/2024). Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkenalkan anggota KPU yang baru dilantik dan mensosialisasikan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 November mendatang.

Dalam audiensi tersebut, Ketua KPU Balikpapan, Prakoso Yudo Lelono, menyampaikan beberapa poin penting terkait Pilkada 2024. Pertama, KPU akan mengadakan launching Pilkada serentak se-Indonesia pada tanggal 4 Mei 2024. Bersamaan dengan itu, KPU juga akan membuka rekrutmen badan adhoc untuk persiapan pilkada.

“Kedua, KPU mengundang Wali Kota Balikpapan untuk menghadiri acara launching Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan di BSSC Dome. Pada acara tersebut, maskot Pilkada 2024 akan diperkenalkan kepada public,” ungkapnya usai audiensi dengan Wali Kota Balikpapan.

Lanjut Prakoso, yang ketiga adalah KPU telah membuka pendaftaran logo maskot Pilkada 2024. Pendaftaran logo maskot ditutup pada tanggal 23 April 2024.

BACA JUGA:

Keempat, setelah launching Pilkada 2024, KPU akan membuka pendaftaran bakal calon perseorangan Wali Kota Balikpapan pada tanggal 5 Mei 2024. Pendaftaran bakal calon perseorangan akan ditutup pada tanggal 27 Agustus 2024, bersamaan dengan pendaftaran bakal calon dari partai politik.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud, menyatakan dukungan penuhnya terhadap pelaksanaan Pilkada 2024. Beliau juga telah mencairkan anggaran untuk Pilkada 2024 sebesar 100 persen.

Rahmad Mas'ud berpesan kepada tenaga kesehatan yang akan bertugas memeriksa kesehatan para penyelenggara Pilkada untuk memastikan mereka dalam kondisi sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan. Beliau juga menekankan pentingnya keamanan dan kesehatan selama penyelenggaraan Pilkada 2024.

"Bagian dari aman adalah kesehatan seluruh penyelenggara, mulai dari kota hingga KPPS. Beliau harap tes kesehatan benar-benar diperhatikan," ujar Prakoso Yudo Lelono, mengutip pesan Rahmad Mas'ud.

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan akan ditugaskan untuk memfasilitasi tes kesehatan bagi para penyelenggara Pilkada. Tes kesehatan akan meliputi pemeriksaan tensi, gula darah, kolesterol, dan memastikan para penyelenggara tidak memiliki penyakit bawaan yang dapat membahayakan saat kelelahan. ***