Siap Sambut IKN dan Utamakan Keselamatan, Bandara SAMS Sepinggan Gelar PKD Skala Besar, pada Kamis 25 Agustus 2023
Kabar Ibu Kota

Siap Sambut IKN, Bandara SAMS Sepinggan Gelar PKD Skala Besar

  • IBUKOTAKINI.COM – Wujud komitmen PT Angkasa Pura I dalam meningkatkan layanan, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpap
Kabar Ibu Kota
mala

mala

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Wujud komitmen PT Angkasa Pura I dalam meningkatkan layanan, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMSS) Balikpapan menggelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) Ke 111 sekala besar. 

Latihan PKD yang melibatkan 650 personel ini berlangsung halaman Kantor PT Angkasa Pura I Balikpapan dan Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kamis, 25 Agustus 2023. 

General Manager Bandara SAMS Sepinggan, Ahmad Syaugi Shahab mengungkapkan bahwa latihan PKD ini merupakan komitmen Angkasa Pura I dalam mewujudkan layanan Bandara yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan yang terbaik untuk pengguna jasa.

“Latihan ini memastikan fungsi koordinasi antar instansi dalam menangani peristiwa yang terjadi di salah satu obyek vital Negara yaitu Bandara dan kesiapan menyambut Ibu Kota Nusantara,” katanya ketika dijumpai para awak media. 

BACA JUGA:

Dengan melakukan latihan, lanjut Syaugi, Angkasa Pura I akan melakukan evaluasi untuk mengetahui apa saja yang harus diperbaiki baik dari internal maupun eksternal.

“Simulasi keadaan darurat ini personel dan fasilitas menjadi lebih tanggap dan sigap ketika terjadi kondisi emergency di bandara sesuai dokumen program keamanan Bandara,” ujarnya.

Kegiatan ini dimulai dengan apel pembukaan dilanjutkan latihan penanganan kecelakaan pesawat di sisi barat runway, penanganan demo dan teroris yang membawa bom di area loby kedatangan serta terakhir kebakaran di restoran lantai 3 bandara.

Di samping penanganan pada saat kejadian, juga ada latihan penanganan pasca kejadian yang meliputi penanganan keluarga korban serta simulasi media handling.

Dalam Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat kali ini melibatkan sedikitnya 650 personil gabungan dari PT Angkasa Pura I, TNI Angkatan Udara Dhomber , Otoritas Bandara Wilayah VII, Basarnas Kota Balikpapan, Brimob Polda Kaltim, Polres Balikpapan, Polsek Kawasan Bandara,  Koramil 0905/03 Balikpapan,  Perum LPPNPI Cabang Balikpapan, dan Rumah sakit setempat. (*)