Sidang Kabinet di IKN: Prabowo Subianto Tegaskan Lanjutkan Pembangunan
Kabar Ibu Kota

Sidang Kabinet di IKN: Prabowo Subianto Tegaskan Lanjutkan Pembangunan

  • Prabowo menyampaikan apresiasinya terhadap Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri yang telah memulai pembangunan IKN. Ia menekankan bahwa proses pembangunan akan dipercepat, terutama untuk pusat pemerintahan.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

NUSANTARA - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, menegaskan untuk melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Pernyataan ini disampaikan dalam Sidang Kabinet Paripurna yang digelar di Istana Garuda, IKN, pada Senin, 12 Agustus 2024. 

Sidang tersebut menandai komitmen pemerintah untuk menjadikan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia, sekaligus mendukung pemerataan pembangunan di luar Pulau Jawa.

Prabowo menekankan bahwa proyek IKN sangat penting untuk mengurangi beban Pulau Jawa yang selama ini menjadi pusat populasi dan kegiatan ekonomi. 

"IKN ini akan kita tuntaskan, akan kita selesaikan dengan baik. Karena memang sangat dibutuhkan untuk pemerataan dan meringankan daya dukung Pulau Jawa terhadap konsentrasi populasi dan kegiatan ekonomi," ujar Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan apresiasinya terhadap Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri yang telah memulai pembangunan IKN. Ia menekankan bahwa proses pembangunan akan dipercepat, terutama untuk pusat pemerintahan. 

BACA JUGA:

“Saya bertekad untuk melanjutkan dan kalau bisa mempercepat pembangunan IKN,” tambahnya.

Prabowo juga menegaskan bahwa anggaran yang disiapkan cukup besar untuk menyelesaikan berbagai aspek penting di IKN. Prioritas utama adalah pembangunan gedung-gedung strategis seperti Gedung MPR/DPR, perumahan anggota, serta ruang kantor untuk yudikatif, termasuk Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). 

"Kalau gedung-gedung ini sudah selesai, secara substansi ibu kota pemerintahan sudah bisa beroperasi di sini," jelas Prabowo.

Selain pembangunan infrastruktur, Prabowo juga menyoroti pentingnya kesiapan menghadapi potensi bencana, terutama kebakaran hutan, mengingat konsep IKN sebagai "forest city." Ia menekankan perlunya teknologi canggih untuk pemantauan dan penambahan tim pemadam kebakaran. 

"Tidak boleh ada sedikit pun peluang untuk mengancam Ibu Kota Negara," tegasnya. ***