Pasien Siloam Hospitals Balikpapan yang mendapatkan layanan kecelakaan kerja Return to Work
Kabar Ibu Kota

Siloam Hospitals Balikpapan Miliki Layanan Kecelakaan Kerja Return to Work

  • BALIKPAPAN - Siloam Hospitals Balikpapan melauching pusat layanan kecelakaan kerja Return to Work, dirangkai dengan corporate gathering, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada hari Kamis 14 Desember 2023.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Siloam Hospitals Balikpapan melauching pusat layanan kecelakaan kerja Return to Work, dirangkai dengan corporate gathering, di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, pada hari Kamis 14 Desember 2023.

"Kalau pusat pelayanan kecelakaan kerja sudah ada dirumah sakit yang mengerjakan, tapi kalau konsep return to work baru rumah sakit Siloam yang mengerjakan," jelas Direktur Siloam Hospitals Balikpapan, dr. Kevin Chrisanta, MARS kepada awak media.

Kevin menyebutkan saat ini sudah melayani pasien dengan konsep tersebut sebanyak tiga orang. Layanan ini baru berjalan hampir satu bulan. Pasien yang saat ini ditangani mengalami kecelakaan kerja mengakibatkan kaki diamputasi. Namun, pasien bisa berjalan lagi dengan menggunakan kaki palsu.

"Pelayanan ini diberikan sampai mereka bisa kembali bekerja. Jadi bukan hanya sebatas bisa pakai alat bantunya, tetapi bisa kembali beraktivitas ditempat kerjanya. Walaupun bekerja bukan dengan bidang yang sama tetapi target kita mengembalikan pasien ini ke tempat kerjanya," terangnya.

BACA JUGA:

Siloam hospital juga memberikan pelatihan kepada pasien yang menggunakan alat bantu, sehingga bisa dapat berjalan kembali. "Kalau pasien di Balikpapan, latihannya rutin di rumah sakit tapi karena pasien domisili Samarinda, akan kontrol beberapa bulan di Balikpapan dan physioterapi di Samarinda," ujarnya.

Kevin mengatakan ketiga pasien yang saat ini mendapatkan pelayanan dirumah sakit Siloam bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Akan tetapi, siloam hospital juga melayani pasien  yang tidak dicover BPJS Ketenagakerjaan.

Wakil Kepala Wilayah Bidang Pelayanan Kanwil Kalimantan, Anang Rafidi mengapresiasi sekali dengan adanya pusat layanan kecelakaan kerja Return to Work.

"Return work bagian dari pengembangan program kecelakaan kerja, tujuannya bagaimana peserta kita yang mengalami kecelakaan kerja bisa ditangani dan mempunyai kesempatan kembali lagi bekerja," ujarnya.

Hingga saat ini, rumah sakit di wilayah Kalimantan sudah bekerja sama dengan pusat layanan kecelakaan kerja, tetapi rumah sakit Siloam yang mempunyai pusat layanan kecelakaan kerja dengan konsep return to work.

Salah seorang pasien yang mengalami kecelakaan tenaga kerja, Taufiqurrahman mengatakan lebih percaya diri dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan menggunakan kaki palsu ini. "Saya sangat bersyukur, percaya diri, sabar dan makin semangat," ujarnya. (*)