Zulkipli - Asisten I Pemkot Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Sistem Kelas Dihapus, Pemkot Balikpapan Komit Berikan Iuran Gratis BPJS Kesehatan Kelas III

  • Pemkot Balikpapan akan melakukan pemutakhiran data peserta BPJS Kesehatan kelas III untuk memastikan bahwa program ini tepat sasaran.
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

IBUKOTAKINI.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan memastikan komitmennya untuk melanjutkan program iuran gratis BPJS Kesehatan kelas III bagi warga Balikpapan, meskipun sistem kelas BPJS Kesehatan akan dihapus dan diganti dengan sistem Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

Asisten I Bidang Tata Pemerintahan Setda Kota Balikpapan, Zulkipli, menegaskan bahwa program ini merupakan komitmen Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud dan akan tetap berjalan.

"Komitmen tetap berjalan, pelayanan BPJS ditanggung oleh pemerintah kota," jelas Zulkipli saat dijumpai para awak media pada Minggu 26 Mei 2024.

Meskipun ada kemungkinan penambahan biaya di masa depan, Zulkifli mengatakan hal tersebut akan dikoordinasikan lebih lanjut.

Pemkot Balikpapan akan melakukan pemutakhiran data peserta BPJS Kesehatan kelas III untuk memastikan bahwa program ini tepat sasaran.

BACA JUGA:

"Kami akan lebih detail atau memverifikasi secara ketat datanya, yang mana seharusnya ditanggung perusahaan, mereka terdata menjadi peserta BPJS kelas III ini," ujar Zulkipli.

Zulkipli juga mengungkapkan bahwa kebijakan terkait iuran BPJS Kesehatan gratis ini akan dirumuskan ulang dengan mempertimbangkan perubahan sistem kelas.

"Kebijakan akan dirumuskan lagi. Tanggungan kesehatan itu tidak hanya dibebankan oleh pemerintah, tetapi kita gotong royong," katanya.

Zulkifli menekankan bahwa prinsip BPJS Kesehatan adalah gotong royong, di mana semua pihak berkontribusi untuk membiayai layanan kesehatan.

"Artinya di antaranya kita menjadi penyumbang penyelenggara biaya kesehatan dan saat sakit biaya kesehatan itu tidak dipungut oleh orang yang sakit. Biayanya justru dari gotong royong kita semua," imbuhnya. ***