Sukseskan Pemilu 2024, Bakesbangpol Balikpapan Sosialisasi Pendidikan Politik ke Ormas
Kabar Ibu Kota

Sukseskan Pemilu 2024, Bakesbangpol Balikpapan Sosialisasi Pendidikan Politik ke Ormas

  • BALIKPAPAN – Sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan sosialisasi pendidi
Kabar Ibu Kota
Niken Sulastri

Niken Sulastri

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM – Sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Balikpapan sosialisasi pendidikan politik kepada Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), di Hotel Maxone pada Selasa 7 November 2023. 

Sosialisasi mengangkat tema "Peran Ormas Kota Balikpapan dalam bersinergi membangun Kota Balikpapan dan mendukung Pemilu serentak  tahun 2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Balikpapan, Sutadi mengatakan kegiatan ini sudah dilakukan beberapa kali, yang mana kegiatan ini masuk dalam program Bakesbangpol Kota Balikpapan, 

Adapun maksud dan tujuan adalah pentingnya upaya membangun sentral politik yang transparansi yang berbasis dalam pengetahuan dalam bidang politik; dan pembentukan budaya demokrasi yaitu dengan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak politik.

Serta, partisipasi dan inisiatif politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan pelaksanaan kegiatan mewujudkan masyarakat yang demokrasi yang berlandaskan hukum, memperkuat peran ormas di Kota Balikpapan dalam rangka menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 serta menciptakan pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

"Keberadaan ormas di Kota Balikpapan sudah memberikan kontribusi yang positif dalam menjaga kerukunan, menjaga kenyamanan dan menjaga keamanan dan ketertiban Kota Balikpapan," ucapnya.

BACA JUGA:

Ia berharap ormas Kota Balikpapan dapat lebih meningkatkan kontribusinya dalam rangka menyukseskan Pemilu Tahun 2024. Pemilu Tahun 2024 tidak hanya dilihat keberhasilan dari penyelenggaraan tetapi partisipasi masyarakat. 

"Kegiatan ini sangat penting bagaimana upaya kita untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di pemilu tahun 2024. Bagaimana kontribusi untuk sukseskan pemilu, dengan dapat menyuarakan aspirasinya sesuai dengan pilihan dan hati nurani," terang Sutadi dalam sambutannya.

Pihaknya meminta dukungan kepada ketua ormas Balikpapan agar dapat menyebarluaskan dan mengedukasikan dari yang disampaikan kepada narasumber sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi, karena dengan meningkatkan partisipasi kualitas Pemilu akan semakin baik.

"Kita dapat memilih pemimpin yang amanah. Kedaulatan ada ditangan masyarakat. Kita berharap untuk Balikpapan peningkatan partisipasinya bisa meningkat sesuai yang diharapkan pemerintah. Mudah-mudahan partisipasi lebih meningkat dari lima tahun yang lalu," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Balikpapan juga telah melalukan sosialisasi dari berbagai lapisan. Seperti kalangan pelajar dan mahasiswa, ibu-ibu hingga para pekerja dan ormas. Sosialisasi didominasi ditingkat pelajar dan mahasiswa mengingat angka ini memiliki terbesar dari jumlah penduduk yang akan berpartisipasi dalam Pemilu 2024. ***