Sekda Provinsi Kaltim Sri Wahyuni
Politik

Sukseskan Pemilu 2024, Sekda Provinsi Kaltim Ajak Kaum Perempuan Gunakan Hak Suara

  • SAMARINDA – Mendekat pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) presiden/wakil presiden (Pilpres) dan anggota legislatif (DPRRI/DPDRI/DPRD)
Politik
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

SAMARINDA, IBUKOTAKINI.COM – Mendekat pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) presiden/wakil presiden (Pilpres) dan anggota legislatif (DPRRI/DPDRI/DPRD) yang akan digelar serentak pada 14 Februari 2024. 

Karena itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni mengajak kaum perempuan dan ibu-ibu di Kaltim untuk ikut menyukseskan agenda lima tahunan itu.

“Kaum ibu bisa menjadi yang terdepan mengingatkan keluarganya untuk memberikan hak suaranya pada Pemilu 2024 mendatang,“ pesan Sekda Sri Wahyuni dihadapan peserta seminar Perempuan Kaltim dalam rangka Peringatan Hari Ibu ke-95 tahun 2023, di Hotel Aston Samarinda, Rabu (20/12/2023).

Sekda Sri mengingatkan jangan sampai pada hari pelaksanaan, ternyata ibu-ibu sibuk menyiapkan kebutuhan rumah tangga dan tidak ikut menyalurkan hak suaranya.

Bahkan membiarkan anggota keluarganya, khususnya pemilih pemula (anak-anaknya) yang punya hak suara, tapi tidak ikut memilih.

“Hanya bapak-bapaknya saja yang memilih, sementara ibu-ibu tidak memilih. Itu tidak boleh terjadi nanti ya,” ungkapnya.

BACA JUGA:

Padahal untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih, maka Pemerintah mengajak para ibu dan pemilih pemula yang didominasi pelajar dan mahasiswa agar menggunakan hak suaranya.

“Peran dan partisipasi kaum millenial (pemilih pemula) pada pesta demokrasi serentak 2024 ikut menentukan pemimpin lima tahun kedepan,” jelasnya.

Selain itu, sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu (KPU), ikut meningkatkan jumlah partisipasi pemilih.

Partisipasi masyarakat menggunakan hak pilihnya, menurut Sekda, termasuk pemilih pemula menjadi poin penting sukses penyelenggaraan pesta demokrasi.

“Partisipasi masyarakat, terutama kaum.perempuan, ibu-ibu dan pemilih pemula adalah kunci keberhasilan Pemilu 2024,” tegasnya. (***)