Sumber Berkah, Edukasi Wisata Kebun di Tengah Kota Balikpapan
Kabar Ibu Kota

Sumber Berkah, Edukasi Wisata Kebun di Tengah Kota Balikpapan

  • IBUKOTAKINI.COM - Berawal untuk menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi Covid 19, warga RT 37 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara membuat suatu budidaya yang dinamakan Sumber Berkah dengan luas sekitar dua hektar.
Kabar Ibu Kota
Bunga Citra

Bunga Citra

Author

BALIKPAPAN, IBUKOTAKINI.COM - Berawal untuk menjaga ketahanan pangan di masa Pandemi Covid 19, warga RT 37 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara membuat suatu budidaya yang dinamakan Sumber Berkah dengan luas sekitar dua hektar.

Kedepannya, dari Kementerian Pertanian dan Perikanan memberikan rumah bibit. Mulailah menggeliat dibidang perkebunan, dengan khas melon premium.

Warga RT 37 memilih menanam melon yang menjadi tanaman andalan warga RT 37, dikarenakan buah ini dipasar lebih menggeliat dibanding lainnya. Meskipun, memang bukan hanya melon saja yang ditanam disini tetapi cabai, jagung termasuk sayur-sayuran.

"Hasil tanam kita tidak pernah menjual di pasar tetapi untuk edukasi program wisata kebun tengah kota. Para pengunjung bisa menikmati dan memetik langsung tanaman yang segar. Itu icon kita," terang Ketua RT 37 Kelurahan Batu Ampar Kecamatan Balikpapan Utara,Sunaryo pada hari Minggu, 24 September 2023.

BACA JUGA:

Mengingat periwisata di Balikpapan sangat minim, selama ini hanya pantai manggar tetapi saat ini Balikpapan mempunyai wisata kebun yang bisa dinikmati hasilnya.

Jika warga yang ingin masuk ke kebun sumber berkah secara kelompok dan menggunakan fasilitas gazebo dan lainnya dikenakan biaya Rp 300 ribu, sekaligus dapat menikmati buah yang bisa dimakan ditempat. 

"Kalau perorangan kita masih gratiskan. Untuk pembelian kita tetap timbang kiloan. Harga per kilo, diliat dari harga pasar. Kita dibawah harga pasar," urainya. (Ken)