TAFISA Southeast Asian Forum 2024 di Balikpapan, Ajang Promosikan Olahraga Rekreasi Masyarakat
Kabar Ibu Kota

TAFISA Southeast Asian Forum 2024 di Balikpapan, Ajang Promosikan Olahraga Rekreasi Masyarakat

  • Forum ini merupakan momentum strategis untuk mempromosikan dan memperkuat olahraga rekreasi masyarakat di kawasan Asia Tenggara.
Kabar Ibu Kota
Ferry Cahyanti

Ferry Cahyanti

Author

BALIKPAPAN – Usai menggelar Worl Walking Day pada Minggu 6 Oktober 2024 di Lapangan Merdeka Balikpapan. The Association For International Sport for All (TAFISA) Southeast Asian Forum 2024 yang menjadi rangkaian resmi dibuka di Ballroom Hotel Platinum Balikpapan, pada Senin 7 Oktober 2024. 

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong, oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur, Sri Wahyuni, didampingi Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, Sekretariat Daerah Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty, Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional, Hayono Isman, dan Wakil Presiden TAFISA, Mr. Wanshik Honk, dan disaksikan para delegasi dari beberapa negara Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa forum ini merupakan momentum strategis untuk mempromosikan dan memperkuat olahraga rekreasi masyarakat di kawasan Asia Tenggara. 

"Kegiatan ini sangat relevan dengan semangat masyarakat kita yang semakin peduli akan pentingnya aktivitas fisik sebagai bagian dari gaya hidup sehat," kata Sri Wahyuni.

Forum yang diinisiasi oleh KORMI dan TAFISA ini diharapkan menjadi wadah untuk bertukar pengalaman, gagasan, serta membangun kolaborasi lintas negara dalam memajukan olahraga untuk semua. 

"Olahraga bukan hanya sarana kompetisi, tetapi juga media efektif untuk mempromosikan kesehatan, kesejahteraan, dan keharmonisan sosial," tambahnya.

BACA JUGA:

Sementara itu, Ketua Umum KORMI, Hayono Isman, mnagtakan bahwa olahraga masyarakat tidak hanya membangun kebugaran, tetapi juga memperkuat ekonomi daerah, bahkan hingga ke desa-desa. 

"Dengan dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim, diharapkan olahraga masyarakat juga dapat meningkatkan perekonomian warga," ujarnya.

Asisten 3 Pemkot Balikpapan, Andi Sri Juliarty menambahkan dalam kegiatan tafisa ini berdiskusi berbagai program ke depan. 

“Balikpapan sebagai tuan rumah mengapresiasi KORMI yang telah menyelenggarakan kegiatan di kota ini. Kami selaku pemerintah daerah mendukung kegiatan olahraga ini,” imbuhnya. Karena ini bukan ajang olahraga tetapi juga mempromosikan pariwisata di Kota Balikpapan. 

Acara ini dihadiri oleh pengurus KORMI Nasional dan Provinsi Kaltim, delegasi TAFISA dari Jepang, Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Thailand, dan Filipina, serta perwakilan dari Kementerian Luar Negeri, Kemenpora, dan Pemkot Balikpapan. (*)